Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Rabu, 08 Juni 2016

Liem Cheng Kiang Pahlawan Thomas Cup dari Banyumas

Setelah sempat saya umumkan pada post ini, maka berikut adalah kumpulan pertama foto bulu tangkis kita.
Liem Cheng Kiang / Liem Tjeng Kiang. Apakah anda pernah mendengar nama tersebut? Nama yang jujur saja tidak seterkenal Ferry Sonneville, Tan Joe Hok, ataupun Rudy Hartono. Meskipun namanya bisa dibilang terlupakan dimana informasi pada dunia online tidak banyak memberikan hasil, namun kiprah dia sendiri tidaklah kecil dalam sejarah.
Liem tercatat menjadi peraih medali perak pada Asian Games tahun 1962 di Jakarta. Pada saat itu dia berpasangan dengan Tan Joe Hok. Berikutnya dia dipanggil dalam skuad piala Thomas pada tahun 1964. Namun pada final melawan Denmark dia tidak bermain. Ada kemungkinan pada saat itu, Liem berposisi sebagai cadangan. Tetapi tetap saja masyarakat Banyumas antusias menyambut Liem saat yang bersangkutan "pulang kampung". Sebenarnya ada satu informasi lagi yang menjelaskan sedikit kiprah Liem sebelum terjun di Asian Games. Silahkan anda cek link paling atas berikut ini.
Berikut adalah pengalungan bunga kepada Liem beserta pengurus PBSI di batas kota Purwokerto yang merupakan ibukota Banyumas.

Acara berikutnya dilaksanakan pada Pendopo Si Panji di Purwokerto.
Pendopo Si Panji saat ini.
Sumber

Seperti di batas kota, acara di dalam Pendopo tersebut sama ramainya. Kita bisa melihat Liem berdiri membungkuk saat diperkenalkan oleh M.C. Selain itu pula, Liem berjalan dengan senyuman merekah saat melewati penduduk Purwokerto yang menyoraki dia. Foto Presiden Sukarno menandakan foto diambil pada masa Orde Lama.
Interior Pendopo Si Panji. Kita perhatikan beberapa bagian bangunan belum berubah.
Sumber

Setelah acara selesai. sepertinya Liem diundang untuk pembicaraan yang lebih pribadi beserta seorang pejabat. Apakah pejabat tersebut Bupati Banyumas R. Subagyo?

Ada salah satu hal unik yang ada pada foto - foto ini. Yaitu medali yang tersemat pada jas si Liem. Menurut majalah Mimbar Indonesia volume 18 tahun 1964, medali tersebut adalah Satyalancana Kebudayaan. Tanda penghargaan yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia yang berjasa besar dalam kebudayaan Indonesia.


Usia: 1964

Tidak ada komentar:

Posting Komentar