Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Rabu, 08 Juli 2015

Onbekend KNIL Veldfles ?

Saya mendapatkan canteen ini yang berarti tempat minum dalam bahasa Inggris atau veldfles dalam bahasa Belanda, kira-kira sebulan lalu. Awalnya saya mengira canteen ini milik pasukan Jepang saat saya melihat bentuk mulut canteen tersebut. Namun setelah saya bandingkan dengan koleksi canteen yang saya punya, saya sadar bahwa canteen ini bukanlah milik Jepang ataupun juga canteen standar KNIL sendiri.

Tidak ada marking pada canteen yang kondisinya ada beberapa penyok pada bagian bawah. Namun jika dilihat sekilas, memang canteen ini mirip dengan canteen milik KNIL.
Seperti yang anda saksikan, canteen misterius ini mempunyai dimensi lebih besar daripada canteen KNIL, Namun terdapat perbedaan pada bentuk mulut canteen

Tidak ada tanda pengenal lainnya yang tersisa pada canteen ini. Satu-satunya tanda yang ada adalah adanya jejak tempat canteen ini dulunya. Pada foto di bawah, kita bisa melihat adanya bekas tempat canteen tersebut dan sepertinya, dulunya terpasang dalam waktu lama hingga meninggalkan jejak seperti itu. 

Setelah saya surfing di google, saya menemukan foto bahwa jejak tempat canteen tersebut serupa dengan milik KNIL. 
Sumber: Marktplaats

Apakah mungkin canteen misterius ini dulunya salah satu varian canteen KNIL sebelum Perang Dunia II? Ataukah canteen ini dibuat oleh pasukan TNI pada masa Revolusi Kemerdekaan? Apakah kebalikannya, KNIL membuat canteen ini pada masa Revolusi Kemerdekaan? 
Yang pasti canteen ini tetaplah misteri hingga seseorang bisa menjawabnya. Apakah anda bisa membantu saya disini? :)

Edit 15 September 2015:
<<< Mentor saya Koos Allemany, memberi tambahan informasi tentang sejarah canteen KNIL ini. Untuk mempermudah komentar yang sudah dia berikan di bawah, saya akan menempatkan komentar dia juga disini.



"Awalnya canteen KNIL dibuat di Belanda dan pada tahun 1930-an, perusahaan besar di Surabaya yaitu BorSuMij mulai membuat canteen-canteen tersebut dalam jumlah besar. Ada beberapa perbedaan kecil, namun pada dasarnya bentuk canteen relatif sama."
Berikut foto-foto canteen BorSuMij yang dikirim oleh Koos Allemany:
Beberapa detail dari canteen tersebut

Edit 27 September 2015:
Sekali lagi Koos Allemany memberi tambahan informasi mengenai canteen ini. Berikut adalah bagian artikel tentang canteen KNIL dari buletin militer ternama KNIL yaitu Indische Militaire Tijdschrift.
Artikel disini menjelaskan bagaimana jalan konstruksi pembuatan canteen di pabrik BorSuMij yang diterangkan oleh Mijnheer Kauffeld. Tidak diketahui siapa sebenarnya Kauffeld disini, tapi kemungkinan besar dia adalah salah satu petinggi pabrik. 
"Pertama-tama bahan alumunium berbentuk lingkaran dibentuk seperti mangkuk dengan diameter 
± 22 cm dan tinggi 8 cm. Mangkuk tersebut melalui 3 proses dikecilkan ukuran diameternya namun dilain pihak ditinggikan ukurannya. Sekilas proses ini membuat tebal dinding canteen menjadi lebih tipis, namun tidak dalam kenyataannya, tebal canteen tetaplah sama. Langkah berikutnya adalah mengecilkan bagian "mulut" canteen. Pada akhirnya canteen yang berbentuk seperti oval ini mempunyai "mulut" dengan ukuran diameter ± 50 mm. 
Kemudian canteen dipijarkan dan melalui teknik forceerbanken serta pemijaran tingkat lanjut, bentuknya mulai berubah menjadi seperti bundaran dengan bentuk "mulut" yang dikehendaki (cek contoh mulut pada foto canteen di atas). 
Fase terakhir adalah dengan tekanan hidrolik, canteen dibentuk dengan bentuk oval sebagai bentuk final. Setelah melalui proses kimiawi-mekanik, canteen siap dipakai."   


Usia: 1900 - 1950 ? 

2 komentar:

  1. In the beginning the "veldfles" (canteen) KNIL was made in the Netherlands and somewere during the Thirties large companies like BorSuMij (Surabaia) started production in high numbers.
    There are some minor differencies in production but all in one the canteen could hold her shape.
    Some canteens in pictures:
    http://i60.tinypic.com/r09opg.jpg
    http://i57.tinypic.com/zxvux.jpg
    http://i58.tinypic.com/2unzh4z.jpg
    some details:
    http://i58.tinypic.com/2hrzp11.jpg
    http://i58.tinypic.com/jgr0o8.jpg
    http://i61.tinypic.com/2qxciyu.jpg
    http://i60.tinypic.com/4keo0w.jpg
    enjoy

    BalasHapus
  2. I also found in the Indisch Militair Tijdschrift a discription about the fabrication of "veldflesch" (canteen) at BorSuMij company (Surabaia)
    [IMG]http://i60.tinypic.com/2dvjqte.jpg[/IMG]
    enjoy

    BalasHapus