Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Minggu, 06 Agustus 2017

Pindad PM-1 - Beretta M12

Sudah lama saya tidak memperlihatkan manual senjata. Saatnya saya memperlihatkan anda dengan Beretta. Apakah anda pernah mendengar nama senjata ini? Jika belum, Beretta merupakan pabrik senjata Italia terkenal yang sudah membuat senjata - senjata. Seperti pistol standar tentara Amerika yaitu M92 yang terkenal dipakai oleh John McClane di film Die Hard. Pistol Beretta sendiri sempat menghebohkan masyarakat Indonesia pada tahun 2001 saat senjata tersebut disita dari Tommy Soeharto. Selain kedua pistol tersebut, Beretta dalam sejarahnya seperti halnya pabrik senjata yang lain juga membuat jenis senjata api yang lain. Selain pistol, pabrik yang berdiri pada tahun 1526 tersebut juga membuat S.M.G. bernama M12.
Untuk S.M.G. ini sendiri pertama kali didesain pada tahun 1950 dan dibuat pada tahun 1958. Senjata yang mempunyai keunikan yaitu pengaman yang berada pada handle ini dikenal sebagai S.M.G. yang tangguh. Murah dan mudah dioperasikan, M12 laris dibeli oleh beberapa negara. Meskipun ada yang menyebut akurasi kurang akurat, tetapi ada 2 negara yang tetap memilih untuk membeli lisensi S.M.G. ini. Yang pertama, Brazil dengan pabrik Taurusnya dan yang kedua adalah Indonesia dengan Pindad.
Untuk Indonesia sendiri, M12 diberi kode nama P.M.1 dan P.M.1A1. Untuk P.M.1 adalah kode untuk M12 dan P.M.1A1 adalah kode nama M12S. P.M. disini adalah singkatan dari "Pistol Mitraliur", terminologi warisan dari Belanda.
Seperti halnya senjata yang diproduksi maka tidak ketinggalan manual yang diikutkan di tiap operator senjata. Manual kecil setebal 43 halaman ini menjelaskan dengan lengkap apa saja yang harus dilakukan dalam pembongkaran dan perawatan M12. Tidak ketinggalan pula spesifikasi senjata dan pencegahan gangguan yang bisa terjadi pada senjata ini.









Saat pertama kali dibuat di Indonesia, awalnya senjata ini dipakai oleh Kavaleri T.N.I.-A.D. bagian Detasemen Berkuda. Dikatakan pula, S.M.G. tersebut cocok untuk mereka karena stabil saat ditembakkan dengan satu tangan disaat yang bersamaan tangan yang lain memegang kekang kuda. Selain pasukan kavaleri, M12 dipakai oleh pasukan Polisi Hutan. Hingga tahun 2010, senjata ini masih dipakai oleh pasukan tersebut. 
Sumber
Sumber
Sumber

Setelah penjelasan diatas, karena tidak bertanggal maka pertanyaannya adalah kapan manual tersebut dibuat? Kuncinya terletak pada bab pendahuluan, dimana kata "Kopindad" tercetak. Kopindad adalah nama Pindad yaitu "Komando Perindustrian TNI Angkatan Darat" yang dipakai dari 31 Januari 1972 hingga 8 April 1976. Maka buku petunjuk tersebut dibuat dari tahun 1972 hingga 1976.
Jadi inilah satu dari (sedikit?) buku petunjuk yang diterbitkan oleh Kopindad yang namanya hanya eksis selama 4 tahun. Sebelum saya mengakhiri post ini, berikut adalah review Beretta PM12S oleh Ian McCollum dari channel ForgottenWeapons.com.


Usia: 1972 - 1976

6 komentar:

  1. Artikel yang bagus mas. Saya juga menulis tentang senjata yang satu ini, tapi saya lebih ke arah menyadurnya ketimbang menulis. Sumber yang saya gunakan adalah majalah COMMANDO Edisi submachine gun.
    Bravo mas....
    Terus berkarya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas.
      Saya juga akan terus berkarya dan saya harap mas juga! :D

      Mohon maaf, saya baru bisa membalas sekarang. Saya mempunyai problem dengan komputer saya. :(

      Hapus
  2. Ini senjata yang dipake jend. DI pandjaitan bukan ? Yg macet itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali. :D
      Seingat saya dulu saat saya menonton filmnya pas kecil, sepertinya macet karena dibuat mainan oleh anaknya.

      Hapus
    2. Kemungkinan senjata yang diapakai Jend. Panjaitan masih asli dari italianya langsung. Tapi sepertinya belum jadi standar TNI. Jika dipikir senjataa itu senjata baru. Keluaran 1961 kalau di italia. Kejadian g302pki di tahun 65 ya sekitar 4 tahun setelah senapan itu rilis. Untungnya kasus macet senapan jendral ga bikin reputasi PM 12 jadi jelek


      kalau dilihat dari manual buku itu mungkin ya tahun 73an mungkin ya sampe 76 ya. karena buku itu sudah pakai EYD, artinya ya tahun 17/08/1972EYD diresmikan penggunaanya

      Hapus
    3. Tentang macetnya PM 12, sepertinya termasuk terkenal di internasional. Saya dulu pernah melihat film Hollywood sayangnya saya lupa judulnya. Salah satu karakter dalam film sempat komplain tentang macetnya PM 12 ke penjual senjata setelah ditawari senjata itu. Si penjual menolak anggapan dan pada akhirnya PM 12 dibeli juga.

      Hapus