Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Minggu, 29 Januari 2017

Berbaris di Zaman Jepang

Apakah anda pernah berbaris? Atau pada masa sekolah anda pernah ikut lomba berbaris atau minimal menjadi anggota pengibar bendera di setiap upacara bendera tiap hari Senin? Jika pernah mungkin anda akan langsung ingin mencoba aba - aba barisan masa Jepang yang saya miliki ini. hehehe
Arsip ini bisa dibilang to the point, karena tidak ada judul, tidak ada pengertian, tidak ada latar belakang. Murni go - rei (aba - aba) berbaris dalam bahasa Jepang dan artinya dalam bahasa Indonesia. Terdapat 83 jenis go - rei yang tercatat pada booklet ini.

Seperti yang anda sudah lihat banyak aba - aba yang tercantum dari atsumare untuk berkumpul dan berbaris, bango untuk berhitung, migie narae untuk lencang kanan, ippo mae untuk satu langkah ke depan hingga hotyo tore untuk langkah tegap maju jalan. Model berbaris ini akhirnya bisa diketahui jenisnya dari beberapa go - rei yang ada hubungannya dengan militer. Seperti tsukeken untuk pasang bayonet, ni nae tsu tsu untuk panggul senapan, sasage tsu tsu untuk hormat senjata, hingga kerei untuk memberi hormat militer. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa go - rei disini diperuntukkan untuk pasukan militer. Serta tidak ketinggalan pula go - rei yang murni ditujukan kepada penguasa saat itu yaitu kokka hosyo untuk menyanyikan lagu kebangsaan Jepang kimigayo stansa pertama dan kedua, kokyo yohai untuk menghadap ke arah Istana Tokyo (Istana Kaisar Hirohito) hingga kokki keiyo untuk mengibarkan bendera kokki (bendera Jepang).
Selain itu pula, booklet juga mencantumkan penjelasan tambahan tentang bagaimana berbaris yang benar. Seperti tiap go - rei diakhiri dengan "t" di tiap aba - abanya dan tiap aba - aba diucapkan dengan lantang. Ada pula bagaimana cara melakukan hotyo tore yang benar.
Jika anda masih penasaran dengan seperti apa gaya berbaris Jepang pada masa Perang Dunia II, berikut adalah contoh kecilnya.

Pada video terdapat gerakan sasage tsu tsu, kashira migi (kepala hadapkan ke arah kanan), hotyo tore, dan hotyo yame (maju jalan).
Bagaimana dengan contohnya di Indonesia?

Pada video di atas terdapat gerakan sasage tsu tsu namun untuk hierarki non prajurit.
Ada pula contoh berbaris namun dilakukan oleh kaum wanita di daerah Belik Pekalongan seperti yang dimuat di majalah Djawa Baroe nomor 3 tanggal 1 Februari 1944.

Pertanyaannya sekarang untuk siapa booklet ini dibuat? Ada banyak kemungkinan memang, entah untuk pasukan Heiho, PETA, polisi, Seinendan, hingga Hisbullah. Jadi seperti inilah berbaris pada masa Jepang. Mungkin anda tertarik untuk mencobanya? hehehe


Usia: 1942 - 1945

2 komentar:

  1. thank you for the marching book, now i know how i can finish my girl scout homework, i'll write about it. thank's a lot. ありがとう ございまあう

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah i see. I'm glad my collection can be helpful in here. :D

      Hapus