Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Rabu, 04 Januari 2017

Wij Strijden Met De Teekenstift - Hitler Belooft Overwinning in 1941

Van harte welkom om de editie Wij Strijden Met De Teekenstift bij "Kick" Hofer.
Untuk edisi kali ini kita akan melihat "Hitler belooft overwinning in 1941" atau "Hitler menjanjikan kemenangan di tahun 1941". Saat itu, perang hampir memasuki tahun ketiga dan kemenangan akhir bagi Jerman belum terlihat. Battle of Britain belum selesai juga malahan Jerman memperluas pengaruh di Eropa Selatan  untuk persiapan operasi militer yang paling ambisius yaitu Unternehmen Barbarossa. Di lain pihak sekutu Jerman yaitu Italia masih berjibaku dengan Inggris terutama sesaat setelah karikatur ini dimuat, Inggris melancarkan Operation Compass. Operasi militer ini terkulminasi dengan jatuhnya Tobruk dan Cyrenaica berujung dengan mendaratnya pasukan bantuan dari Jerman dibawah pimpinan Erwin Rommel.

Gambar karikatur ini menjadi salah satu favorit saya karena saya anggap imut. hehehe
Pemakaian angsa oleh Hofer disini didasarkan dari gambar "The Goose Step" karya E.H. Shepard sebelum perang pecah. Gambar yang dibuat setelah peristiwa militerisasi di daerah Rhineland pada tahun 1936.

Bagi anda yang bertanya - tanya kenapa angsa yang dibuat disini karena langkah tegap dalam berbaris atau dalam terminologi baris berbaris Indonesia yaitu "Langkah tegap maju jalan" dalam bahasa Inggrisnya adalah "Goose step". Langkah berbaris ini awalnya muncul pada abad ke-18 oleh Prusia dengan nama Stechschritt atau Stechmarsch ini pada akhirnya dipersepsikan menjadi perlambang Jerman. Sebuah ironi karena banyak negara lain memakai langkah berbaris serupa. Alhasil saat Perang Dunia I pecah, mulai bermunculan angsa - angsa Prusia.
Sumber

Sumber

Dengan kalahnya Jerman di Perang Dunia I, goose step dipakai sebagai bahan banyolan ...
Sumber


Usia: 1941

Tidak ada komentar:

Posting Komentar