Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Senin, 30 Januari 2017

Wij Strijden Met De Teekenstift - Antonescu

Hello there, welcome to Wij Strijden Met De Teekenstift made by Kick Hofer.
Pompa bensin, ini adalah tema yang diambil oleh Hofer kali ini. Aktor yang dipilih Hofer adalah Ion Antonescu, Perdana Menteri Rumania saat Perang Dunia II. Anda pasti bertanya - tanya, apa hubungan Rumania dengan bahan bakar? Tidak lain karena Rumania saat itu memiliki kilang minyak yang strategis untuk kedua belah pihak yaitu di Ploiesti milik perusahaan Astra Romana.
Kondisi Rumania mirip dengan Jerman, awalnya banyak intrik di dalam negeri dan pada akhirnya fasisme berkuasa. Seperti yang dapat ditebak, Rumania condong ke pihak poros yang nantinya ikut serta dalam Perjanjian Tripartit. Keikutsertaan Rumania dalam aliansi merupakan kabar yang sangat menggembirakan bagi Adolf Hitler karena nantinya minyak milik Rumania sangat penting bagi mesin perang Jerman. Karena inilah Hofer menggambar Antonescu sebagai petugas pompa bensin.
Sumber: Pinterest

Uniknya lagi pada gambar, Hofer juga menggambarkan Antonescu menggunakan darah rakyat Rumania sebagai oli untuk mobil Jerman yang ditumpangi trio Hitler, Joseph Goebbels, dan Joachim von Ribbentrop. Ramalan yang sekali lagi tepat dari Hofer, dimana kelak Rumania akan ikut serta dalam serangan ke Uni Soviet 5 bulan setelah karikatur ini dimuat. Pada akhirnya Rumania akan kalah bersama Jerman dan kehilangan Raja serta kebebasannya. Dan untuk tukang pompa bensin kita disini ... dia kehilangan nyawanya.


Usia: 1941

Tidak ada komentar:

Posting Komentar