Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Senin, 30 Maret 2015

Sten gun TNI

Siapa yang tidak mengenal SMG (sub machine gun) yang ternama ini? Bagi para penggemar militer atau sejarah persenjataan dan perang, SMG yang berasal dari Inggris ini menempati posisi yang legendaris bersama dengan MP-18 dan MP-40 dari Jerman, Tommy gun Amerika, atau Ppsh-41 buatan Soviet.
Untuk Indonesia sendiri, sten masuk saat Belanda mulai menancapkan pengaruhnya kembali pasca Perang Dunia II. Beberapa berhasil direbut oleh para gerilyawan Indonesia dan pada akhirnya sebagian besar sisanya diserahterimakan kepada TNI dari KNIL saat pengakuan kedaulatan. Maka untuk memberikan pengetahuan lebih lanjut kepada para prajuritnya, dikeluarkanlah booklet ini. Berbeda dengan Madsen, booklet ini dikeluarkan oleh Staf Angkatan Darat. Dan seperti yang bisa anda saksikan dibawah ini, booklet terdiri dari berbagai macam gambar dan diagram bagaimana mengoperasikan sten gun yang benar.
Uniknya juga sang pemilik dulunya yang mungkin adalah instruktur bisa dibilang tentara yang rajin. Kita bisa melihat coretan-coretan dia disini. Sebagai penutup, saya juga memperlihatkan salah satu koleksi foto saya yang memperlihatkan sten gun Mark V ditangan seorang prajurit TNI pada masa itu.













Meskipun kondisi foto sudah tidak sempurna, namun kita bisa melihat bagaimana gagahnya sang prajurit (kopral 2?) disini berpose dengan sten gun


Usia: dibuat pada tahun 1951

Tidak ada komentar:

Posting Komentar