Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Selasa, 19 Mei 2015

Propaganda Taiyo

Kali ini saya akan meng-share majalah Taiyo. Taiyo yang artinya matahari dalam bahasa Jepang seperti kompatriot Jermannya yaitu Signal adalah majalah propaganda yang diperuntukkan bagi para penduduk taklukan mereka. Majalah yang berukuran besar dan diterbitkan oleh Asahi Shimbun ini memuat segala berita "positif" di medan Asia Timur Raya serta dilengkapi dengan berbagai bahasa untuk mempermudah sirkulasi dan menghemat biaya. Bahasa yang digunakan kita lihat bermacam-macam dari jepang sendiri, vietnam, thailand, cina, myanmar atau birma, dan indonesia serta inggris. Meskipun untuk bahasa yang terakhir ini memang benar-benar digunakan sebagai kontra propaganda sekutu. Asahi Shimbun sampai sekarang masih beroperasi sebagai salah satu dari 5 koran nasional Jepang.
Yang membuat majalah ini semakin unik adalah adanya pemberitaan khusus tentang pasukan payung Jepang. Ada pula pasukan Filipina bentukan Jepang. Kolom belajar bahasa Jepang juga tidak ketinggalan, dimana penguasaan bahasa ini mutlak harus dilakukan bagi para penduduk taklukan Jepang. Dan untuk menghibur para pembaca, ada pula kolom komik. Namun sangat wajar, komik yang ditampilkan juga berupa propaganda. Yaitu bagaimana pasukan sekutu digambarkan inferior dibandingkan pasukan Dai Nippon.
Sangat disayangkan saya mendapatkan majalah ini tidak dalam kondisi sempurna. Ada cuil besar dan ada bagian halaman yang hilang. Alhasil saya tidak bisa menentukan kapan majalah ini keluar Tapi dilihat dari nomor majalah yang masih kecil yaitu nomor 3, dapat diasumsikan majalah ini keluar pada awal-awal Jepang terjun di Perang Dunia II (1941-1942). Selain itu pula kertas yang sudah ringkih, akibatnya saya tidak berani meng-scan keseluruhan majalah ini. 








Usia: dibuat 1941 - 42

Tidak ada komentar:

Posting Komentar