Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Jumat, 17 Juli 2015

Lebaran di Belanda 1932

Untuk merayakan hari yang penuh rahmat ini, maka sekalian saya akan memperlihatkan koleksi saya yang cocok untuk ditampilkan pada hari spesial ini.

Ya, foto peringatan Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran di Leiden Belanda, pada tahun 1932. Sangat menarik kita melihat kebersamaan orang Belanda, Jawa dan non-Jawa disini. Dan uniknya pula kita bisa melihat seseorang dari Yogya yang dengan bangga memakai pakaian lurik serta mengenggam keris. 
Ada kemungkinan kesemua orang disini adalah perkumpulan pelajar Indonesia di Belanda saat itu. Dan hari yang penuh fitri bisa mempererat hubungan baik antara pengkoloni dan kaum pribumi. Benar-benar kebalikan dengan foto ini. Saya lupa untuk memasukkan foto ini ke dalam thread tersebut. Ya nanti akan saya masukkan di thread Unique Collections part II
Maka akhir kata, saya disini menghaturkan: 

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H
Mohon Maaf Lahir dan Batin :D


Usia: Update 26 Juli 2015 - Meskipun terlihat dibuat pada tahun 1932. Sebenarnya foto ini adalah repro. Kelak saya akan membuat thread tentang bagaimana mengidentifikasi foto kuno asli. Memang tidak mudah memperkirakan kapan foto ini direproduksi. Namun yang pasti, foto semacam ini direproduksi mulai paska 1960an dimana kertas foto sudah berbeda dengan pendahulunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar