Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Kamis, 02 Juli 2015

Unique Collections

Kali ini saya akan memperlihatkan beberapa koleksi saya yang menurut saya, unik. :D
Theosofisch Congres Semarang 1938
Keunikan dari kertas ini adalah lambang teosofi tentu saja. Dari bintang daud, salib ankh, hingga swastika. Belum lagi, dulunya kertas ini bagian dari konggres teosofi jaman Belanda. Entah itu dari buku, selebaran ataupun hiasan. Saya cek via google, kelompok teosofi ini masih eksis di Nusantara hingga sekarang

Mevrouw dan Babu-nya
Yap, gambar yang sama yang saya taruh di bagian bawah blog. Keunikan yang terpancar disini bukanlah suasana penginapan jaman Kolonial yang asri (dari lantai atas pula!) namun dari bahasa tubuh Tuan dan Pembantu. Kita bisa melihat selain adanya perbedaan status pekerjaan juga ada perbedaan kasta antara peng-koloni dengan pribumi. Dimana sang babu harus rela jongkok di depan tuannya, yang membuat miris lagi, tidak jauh dari dia ada seekor anjing. Kind of powerful image in here

Utomo Ramelan
Foto langka dari salah satu orang yang hilang atau dihilangkan dari sejarah. Yup uniknya tidak terkira.
Saya singgung disini dan disini. Thread Utomo Ramelan adalah thread yang paling populer dan paling banyak dikunjungi lol 


Sun Yat Sen
Poster kecil dari Bapak Cina modern yaitu Sun Yat Sen. Poster ukuran kecil layaknya poster-poster Presiden yang biasa dipasang di instansi Pemerintahan. Tidak diketahui kapan dibuat namun dilihat dari warna yang pudar, mungkin buatan sebelum Perang Dunia II hingga tahun 1960an. Dan di bagian belakang poster, ada biodata singkat tentang Sun sendiri. Unik? You say it

Belanda Boesoek!
Poster propaganda Perang Dunia II buatan Jepang yang sudah pasti jarang sekali ditemui dan sangat unik pula lengkap dengan swastika

Update 1 Agustus 2015 - Soumokil
Surat hipotik yang diurus oleh salah satunya oleh ... Soumokil. Ya, Christian Robbert Steven Soumokil yang nantinya pendiri R.M.S. atau Republik Maluku Selatan. Sebelum Perang Dunia II pecah, dia memang bekerja di bagian hukum Pemerintahan Hindia Belanda. Dan ini salah satu saksi bisu perjalanan hidup dia. Jujur saja status dari arsip ini adalah M.I.A. alias Missing in Action, karena saya lupa di mana saya menaruh arsip ini >.<. Akhirnya saya berhasil menemukan arsip ini lagi. Intinya hipotik ini berisi tentang kerja sama antara N.V. Willem Italie dengan Bouwkas Eigen Haard, keduanya berada di kota Malang, Jawa Timur

Helm Jerman Hindia Belanda
Salah satu helm langka di Indonesia yang juga bernama seorang Jawa namun dalam tulisan kanji katakana Jepang dan masih lengkap dengan liner-nya? My most fave and unique collection EVER! :D

Helm ksatria dan ... 
Masih misteri bagi saya. Siapa pembuatnya? Kapan ini dibuat? Kenapa ini dibuat? Tapi yang pasti ini adalah repro karena bahan yang dipakai adalah galvanized steel. Meskipun begitu sudah ada beberapa orang yang melakukan selfie dengan helm ini. Sudah pasti karena keunikan yang terpancar dari helm ini. Oh dan mereka selfie dengan memakai helm ini juga :P

... fosil ubi
Dulunya saat masih sekolah, saya membeli fosil ini dari pedagang di kompleks Museum Sangiran di Sragen. Siapa yang tidak ingin mempunyai fosil? lol  Jujur saja, saya lebih memilih yang tengkorak tapi dilarang oleh ibu saya XD


Usia: Ratusan ribu tahun yang lalu - 1960 >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar