Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Selasa, 02 Agustus 2016

Hiatus & Twee KNIL Javansche Officieren

Mungkin anda bertanya - tanya, kenapa saya tidak meng - upload post sesuai jadwal yaitu pada tanggal 27 Juli dan 1 Agustus kemarin? Ini dikarenakan saya harus menemani ibu saya paska meninggalnya bapak saya pada tanggal 24 Juli. Jadi saya harus menemani ibu saya hingga bulan September. So ... ini post (cadangan) saya yang seharusnya saya terbitkan pada besok tanggal 3 Agustus, saya tampilkan untuk hari ini.

Setelah 2 orang prajurit KNIL yaitu sang juru sinyal dan Marwoto, akhirnya saya mendapatkan foto studio perwira KNIL yang memakai seragam Garoet. :D
Seperti halnya foto pada masanya, foto disini terlihat terlindungi dengan kover kertasnya. Untuk kasus foto ini, kertas tebal seperti kertas karton. Selain itu pula, pada kover terdapat hiasan timbul yang membuat foto semakin apik.

Saat kita membuka kover, kita bisa melihat kertas transparan pelindung foto. Serupa dengan foto yang link-nya saya berikan di atas.

Setelah kita buka kertas pelindungnya, kita bisa melihat foto asli secara langsung. 2 orang perwira KNIL yang kemungkinan berkebangsaan Jawa. Perwira sebelah kiri berpangkat kapitein, sedangkan yang kanan berpangkat eerste luitenant. Keduanya memakai seragam Garoet awal entah model A atau B. Selain itu pula, mereka juga memakai sabuk Sam Brown pada bahu yang merupakan ciri khas perlengkapan seragam lapangan perwira KNIL. Pada kain bahu, kita bisa melihat sekilas cabang angkatan mereka. Ada kemungkinan mereka berdua dari infanteri. Sayang foto kedua orang ini, meskipun dihiasi dengan cantik, sudah tidak sempurna lagi. Mungkin pemilik dulunya tidak sempurna menyimpannya.

Pada kover bagian belakang, tidak ada yang spesial.

Setiap kali melihat foto ini, saya berandai - andai. Jika foto ini memang bertempat di Solo, bukan tidak mungkin kedua perwira di atas adalah perwira Legiun Mangkunegara. Tetapi dengan tanpa adanya deskripsi pada foto, identitas kedua orang di atas tetaplah misteri ...


Usia: 1912 - 1938.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar