Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Rabu, 20 Juli 2016

Tempat Makan Tentara Jepang

Setelah beberapa tahun sejak saya mendapatkan pelples (tempat minum) milik Rikugun (Angkatan Darat Kekaisaran Jepang), pada awal bulan Mei saya berhasil mendapatkan mess kits-nya (tempat makan)!
Mess kits ini atau dalam bahasa Jepangnya yaitu 飯盒 (hangou) pertama kali muncul pada tahun 1932. Diberi nama 九二式飯盒 (Hangou Tipe 92 - dari tahun Jepang 2592), mess kits ini dikenal sebagai mess kits ganda. Dikatakan ganda karena mess kits ini mempunyai 2 atau lebih tepatnya 3 bagian. Yaitu badan, tutup, dan bagian dalaman. Untuk kapasitas sendiri, mess kits ini mempunyai kapasitas 8 (go) atau 180 mL khusus untuk menanak nasi. Namun ada takaran lain pula jika ingin dimasak bersamaan dengan sup miso atau daging. Berikut adalah gambaran kecil takaran ransum pasukan Jepang tiap harinya.
Pada tahun 1944, karena kesulitan dan penyederhanaan produksi, bagian dalam tutup mess kits tidak bisa dibuat untuk memasak. Pada akhir Perang Dunia II, mess kits ini digunakan oleh para bekas prajurit Jepang untuk keperluan sehari - hari. Nantinya mess kits ini digantikan oleh mess kits tipe 2.
Untuk mess kits milik saya ini adalah yang digunakan oleh hierarki prajurit dan bukannya untuk perwira yang memiliki model mess kits-nya sendiri.
Mess kits dari berbagai sisi
 

Bagian penahan tangkai mess kits

Tempat sabuk untuk memasang mess kits pada tas militer

Penunjuk takaran untuk keperluan memasak

3 bagian mess kits

Bagian tutup mess kits

Bagian dalaman

Bekas hangus

Marking pada tiap bagian mess kits
Arti marking adalah "Osaka Aluminium" Showa 17 atau dibuat di pabrik alumunium Osaka pada tahun Showa ke - 17 atau 1942

Live happily ever after ...

Jadi seperti inilah mess kits tentara Angkatan Darat Jepang pada masa itu. Bukan tidak mungkin, seperti pelples sejawatnya, tempat makan ini sempat digunakan pada masa Revolusi Kemerdekaan. Sebelum saya menutup post ini, saya hanya akan bilang bahwa saya sempat memakai kedua alat makan ini untuk makan. Dan rasanya berbeda sekali pada mood, seakan setiap kali saya menyuap nasi dan lauk dari mess kits tersebut serta menyeruput air dari pelples, saya ingin berteriak BANZAI ! hehehe


Usia: 1942

Tidak ada komentar:

Posting Komentar