Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Rabu, 20 Januari 2016

Misting atau Mess Kits Amerika M1942 milik si Bagyo

Setelah memperlihatkan berbagai macam koleksi pelples (tempat minum), akan lebih lengkap jika saya memperlihatkan tempat makannya pula. Maka inilah misting (tempat makan tentara) pertama yang saya punya. 

Misting diatas adalah misting buatan Amerika Serikat yang bernama resmi M1942 Meat Can. Untuk tentara Amerika sendiri, misting tersebut lebih populer dengan nama Mess Kits. Misting model ini merupakan penyempurnaan dari misting lama militer Amerika tinggalan Perang Dunia I seperti M1910 dan M1918. Penyempurnaan tersebut muncul dari rekomendasi para prajurit Amerika yang bertugas di parit-parit Front Barat Eropa pada masa itu. Misting ini nantinya digunakan pada Perang Dunia II bersamaan dengan misting M1932 dan mempunyai masa tugas yang lama hingga tahun 2002. 

Seperti yang anda lihat di atas, misting tersebut mempunyai semacam lekukan pada bagian tengah. Lekukan yang dalam tersebut adalah yang menjadi pembeda antara misting Perang Dunia II ini dengan pendahulunya di Perang Dunia I. Tujuan dibentuknya lekukan tersebut agar prajurit lebih mudah untuk menaruh makanannya. 
Perbedaan kedua antara misting ini dengan misting Perang Dunia I adalah handle (pegangan) misting yang dibuat lebih ringan. Cek situs ini untuk melihat misting M1918.

Untuk pembuatan, awalnya direncanakan dari bahan alumunium, namun saat itu alumunium termasuk bahan baku yang dilarang maka dicarilah bahan pengganti. Bahan seperti seng dan stainless steel muncul sebagai bahan baku alternatif. Namun alumunium akhirnya menjadi bahan baku utama pada musim gugur tahun 1942. Uniknya untuk misting koleksi saya ini, handle misting terlihat berkarat dibandingkan bahan misting. Apakah misting saya terbuat dari bahan campuran?

Pada handle misting yang berkarat tersebut, untungnya kita masih bisa melihat marking pembuatan misting ini. 
US
E.A Co
1944
Marking ini adalah marking khusus yang hanya ada pada misting M1942. US adalah singkatan dari United States alias Amerika Serikat, E.A Co singkatan dari Electronic Art Eastern Aluminium Company. Sedangkan angka 1944 adalah tahun pembuatan yaitu pada tahun 1944.
Untuk perusahaan Eastern Aluminium sendiri, ada satu perusahaan dengan nama yang sama eksis pada masa sekarang. Apakah perusahaan ini adalah perusahaan yang sama dengan pembuat misting ini masih belum diketahui.

Di balik misting kita bisa melihat berbagai coretan dari sesuatu dengan ujung tajam yang ditinggalkan oleh pemilik lama, seseorang bernama Bagyo. Coretan dari huruf "B" dan didalamnya terdapat kata "gyo", coretan "gyo", dan kemungkinan coretan "C77". Untuk coretan terakhir apakah "C77" berarti Bagyo berada di kompi C dan dia bernomor 77???   


Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana misting ini bisa sampai di Indonesia? Jawabannya, seperti halnya perlengkapan TNI lainnya ada 2 kemungkinan yang terjadi. Yang pertama adalah misting ini bekas milik pasukan Belanda pada era revolusi kemerdekaan (1945-1949). Saat penyerahan kedaulatan dan diserapnya elemen KNIL dalam TNI, misting ini ikut "bergabung". Sedangkan untuk kemungkinan yang kedua adalah misting ini dibeli oleh TNI pasca era revolusi kemerdekaan atau setelah periode pengakuan kedaulatan oleh Belanda. Apapun kemungkinannya, pada akhirnya si Bagyo mendapatkan misting ini dan meninggalkan jejak sejarahnya pada tempat makan ini.


Usia: 1944


PS: awalnya saya sempat penasaran dan pada akhirnya mencoba makan dengan misting ini. Dan rasanya memang berbeda hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar