Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Sabtu, 14 November 2015

Nederlands-Indië Politie

Setelah beberapa kali membahas tentang tentara atau KNIL, saatnya kita membahas tentang polisi Hindia Belanda. Tentang polisi Hindia Belanda sendiri, sempat saya jelaskan di post ini. Mari kita langsung menuju ke contoh-contohnya saja. :)
Berkas Standarisasi Gaji Cultuur Politie
Ini sempat saya singgung di post ini


Surat Pengangkatan Mantri Politie
Meskipun bukan murni polisi, namun surat keputusan pengangkatan seorang Mantri Politie (Mantri Polisi) di Demak dari Residen Semarang pada tahun 1910 juga patut diperhatikan. Kita lihat sang Mantri Polisi adalah seorang ningrat dan gaji yang dia terima per-bulannya sebesar f. 100 sangatlah besar


Buku Dinas Stads Politie
Buku dinas seorang Stads Politie atau Polisi Kota di Tegal dengan gaji f. 10 per-bulan pada tahun 1937. Kita bisa melihat pangkat yang bersangkutan yaitu P.A. II Kl. Saya belum mengetahui apa kepanjangan "P.A" disini (apakah mungkin Politie Agent?) namun "Kl" adalah Klasse atau Kelas. Selain itu pula, kita bisa melihat tanda tangan Asisten Residen Tegal yang juga berposisi sebagai Commissaris van Politie II Klasse atau Komisaris Polisi Kelas II (Siapakah yang menjabat Komisaris Polisi Kelas I disini? Apakah Residen sendiri?).
Untuk pemegang buku dinas ini, dia hanya menjabat sebagai polisi di Tegal selama setahun. Setelah itu dia meminta pengunduran diri dan pengajuan permintaan untuk bekerja di PTT atau Jawatan Pos Telepon dan Telegraf di kota yang sama pada tahun 1938.


Foto-Foto Veldpolitie
Saya singgung disini

Untuk keduanya, saya singgung disini


Perbandingan seragam Veldpolitie dengan KNIL
Seragam Veldpolitie sekilas sama dengan yang dipakai oleh KNIL dan perbedaan itu semakin susah terlihat karena mayoritas foto tentang Veldpolitie adalah foto hitam putih. Tetapi jika dibandingkan secara langsung, kita bisa melihat beberapa perbedaan (dalam koleksi saya, saya tidak mempunyai foto prajurit KNIL yang memakai puttee dan topi pet seperti yang dipakai oleh politie di kiri. Namun pada dasarnya puttee yang dipakai politie sama dengan yang dipakai KNIL. Ini juga berlaku pada sabuk, ada beberapa contoh politie yang memakai sabuk yang lebih kecil dibandingkan foto di atas seperti sabuk yang dipakai oleh prajurit KNIL).
  • Pertama adalah warna seragam, Untuk politie terlihat lebih terang karena warna yang dipakai adalah khaki. Sedangkan KNIL memakai warna kehijauan.
  • Kedua, jumlah kancing seragam. Seragam pada politie memakai 6 buah kancing, sedangkan KNIL 7 buah.
  • Ketiga, saku seragam pada politie terlihat polos dibandingkan KNIL.
  • Keempat, emblem pada topi pet. Untuk politie memakai lambang Pemerintahan Belanda yaitu singa dengan mahkota. Untuk KNIL memakai roundel warna emas dan oranye.
  • Kelima, perpangkatan, meskipun sama-sama memakai pangkat pada kerah seragam, namun politie terlihat memakai pangkat tambahan pada cuff atau manset (lingkar lengan pada bawah seragam). Dan motif cuff seragam politie dengan KNIL berbeda.
  • Keenam, meskipun sama-sama memakai emblem pada lengan atas, emblem pada politie kemungkinan adalah emblem daerah atau kesatuan. Sedangkan KNIL adalah lambang kecakapan.


Usia: 1910 - 1942

Tidak ada komentar:

Posting Komentar