Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Minggu, 02 Oktober 2016

KNIL - KL saat Agresi Militer

KNIL melakukan serangan pada bulan Oktober! ... hehehe setelah merasa cukup untuk diperlihatkan pada thread tersendiri, saatnya kita melihat pasukan KNIL dan mungkin juga KL pada masa Perang Kemerdekaan. :)
Yang pertama, foto yang saya pajang pada bagian muka blog. Memperlihatkan 5 orang yang terlihat akrab. Dimana 3 orang diantaranya, yang uniknya juga diwakili oleh orang Eropa (Belanda), Indo dan Tionghoa, adalah tentara.

Sayangnya, masih tidak diketahui dari kesatuan mana meraka berasal. Tapi yang pasti topi yang mereka kenakan adalah topi P41 atau P44 buatan Amerika. Untuk sepatu yang dipakai oleh salah seorang tentara disini, kemungkinan adalah sepatu militer model Inggris yang disebut "Ammunition Boot" yang mungkin buatan AustraliaUniknya orang paling kanan terlihat mirip dengan komedian terkenal Gaki no Tsukai dari Jepang yaitu Hamada Masatoshi (濵田 雅功). hehehe 
Sumber

Sumber
Sumber
Untuk foto kedua adalah foto yang tidaklah biasa. Pasukan pada foto ini adalah Bewakings Bataljon V lebih dikenal sebagai Andjing NICA Itam. Emblem kesatuan sendiri sebenarnya awalnya tidak diakui secara resmi oleh militer Belanda. Namun pada akhirnya nantinya emblem akan diakui yang disertai dengan penamaan pasukan yang baru. Yaitu sebagai Bataljon Infanterie XXV pada tahun 1949. Kesatuan yang tidak asing bagi salah seorang Sersan Staf TNI yang pernah saya tulis biodatanya di blog ini. Nama dan emblem Andjing NICA Itam sendiri muncul karena para prajurit yang kebanyakan orang inlander ini bereaksi atas propaganda Indonesia yang menyebut pasukan KNIL sebagai Andjing NICA. Alhasil para prajurit berinisiatif menambahkan kata Itam (Hitam). Yang pada akhirnya usaha mereka diterima dengan baik oleh militer Belanda dan emblem Bewakings Bataljon V  berwujud anjing hitam seperti yang prajurit batalion tersebut inginkan. Pada masanya, kesatuan ini hanya berkonsentrasi di daerah Jawa Tengah termasuk didalamnya daerah Vorstenlanden. Kompi 4 pasukan ini, pada tahun 1949 berada di daerah Residensi Semarang dan dipimpin oleh F. J. Smid.

Terlihat foto pasukan sangat ramai disini. Baik dari pose hingga perlengkapan yang mereka pakai. Dari topi Amerika P41 atau P44, topi rimba Inggris model P44, topi eks KNIL sebelum Perang Dunia II, hingga side cap ! Hanya sayang saya belum bisa mengidentifikasi side cap disini, entah garrison cap Amerika atau veldmuts KNIL. Terlihat pula beberapa prajurit non Eropa disini sudah memakai ribbon bar pada seragam mereka.
Emblem Andjing NICA Itam
Sumber

Prajurit yang masih muda ini terlihat memakai topi rimba Inggris P44.
Uniknya emblem Andjing NICA Itam yang dia kenakan seperti ditambah dengan tambahan metal. Alhasil mungkin emblem serupa seperti di bawah ini
Sumber


Emblem terpasang pada vandel pencapaian pasukan.
Terlihat emblem menghadap ke arah sudut berbeda, sama seperti emblem di bawah
Sumber

Ada kemungkinan foto diambil di daerah Secang di Magelang jika kita melihat tulisan pada vandel di foto. 

Daerah Magelang sendiri jatuh ke tangan Belanda pada Agresi Militer Belanda ke-2. Uniknya salah satu pasukan yang menyerbu Magelang adalah pasukan yang emblemnya serupa dengan Andjing NICA Itam yaitu Bataljon Infanterie V Andjing NICA 
Untuk foto sendiri, dicetak di studio foto "JonSon" di Salatiga.

Uniknya studio foto tersebut sudah ada sebelum Perang Dunia II pecah. Terlihat dari beberapa foto yang beredar di online. Lebih uniknya lagi pada 2 foto tersebut, JonSon masih memakai nama JonSon & Co. Ada kemungkinan setelah datangnya Jepang atau mungkin pada masa Perang Kemerdekaan, pemilik studio foto tersebut tinggal sendirian mengurus studio fotonya.
Untuk foto berikutnya terlihat seorang Tionghoa yang sedang berpose di studio foto.  

Meskipun terlihat biasa, namun perlengkapan unik sang prajurit pakai disini adalah Web Anklets atau Gaiter Inggris model P37.
Untuk berikutnya, foto 3 orang tentara Belanda. 2 diantaranya kemungkinan perwira.

Sayang, dimensi foto yang terlalu kecil alhasil kita tidak bisa melihat apa pangkat kedua orang disini. Namun dilihat dari siluet pangkat di bahu, perwira di tengah entah Luitenant Kolonel (Letnan Kolonel) atau Eerste Luitenant (Letnan Satu) dan perwira di sebelah kiri entah Majoor (Mayor) atau Tweede Luitenant (Letnan Dua).
2 foto berikut adalah foto urutan dari 3 orang prajurit KNIL dengan jip militernya.

Ada kemungkinan mereka sedang bebas tugas. Karena tidak ada persenjataan yang mereka bawa disini. Sayang tidak diketahui dari mana kesatuan mereka berasal, namun jip mereka mempunyai nomor "046775".
Untuk foto yang terakhir adalah sebuah jip militer.

Tidak ada yang istimewa dalam foto ini namun jip dengan nomor "HX-19090" ini mempunyai tulisan "Holland" pada bagian bawah kaca depan. Mungkin tulisan ini bersama dengan bendera kecil di sebelah kiri, berfungsi sebagai tanda pengenal agar tidak ada salah tembak atau friendly fire.


Usia: 1947 - 1950.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar