Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Senin, 01 Februari 2016

Kaigun Ship in Action

Untuk memulai bulan Februari ini, saya perlihatkan 2 foto ini:

Apakah anda sudah bisa menebak kedua foto ini? Dari bendera yang berkibar, kita bisa menebak kapal milik negara apakah ini.
Sumber

Bagi pemerhati sejarah Perang Dunia II, bendera di atas tidak asing lagi. Karena bendera tersebut adalah bendera Dai-Nippon Teikoku Kaigun atau Angkatan Laut Kekaisaran Jepang.
Kedua foto tersebut memperlihatkan dua kapal atau lebih yang sedang bermanuver di lautan. Serta salah satu kapal menembakkan meriamnya. Kita juga bisa melihat kapal dimana foto ini diambil mempunyai 4 laras meriam depan. Selain itu pula kita juga bisa melihat foto tersebut mempunyai boks penjelasan pada tiap bagian bawah foto. Karena saya tidak bisa membaca huruf kanji mengakibatkan saya tidak bisa menerangkan apa maksud kalimat pada boks. Bukan tidak mungkin kalimat pada boks juga menampilkan nama kapal. Mungkin anda pembaca sekalian bisa membantu disini?
Selain itu pula, di bagian belakang foto terdapat sebuah label kecil yang mungkin menerangkan tentang sumber foto ini.


Sama dengan tulisan pada boks, sekali lagi saya tidak bisa membaca tulisan tersebut. Hanya kanji Tokyo (東京) yang bisa saya baca disini.
Meskipun dua foto tersebut sudah dalam kondisi tidak sempurna lagi namun kita masih bisa menyaksikan sisa-sisa kejayaan foto tersebut. Kesiapan kapal perang Jepang dalam menghadapi lawannya. Ada kemungkinan, selain awalnya untuk keperluan dokumentasi, kedua foto ini juga untuk kepentingan propaganda di Indonesia.


Usia: 1941-1945

Tidak ada komentar:

Posting Komentar