Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Rabu, 14 Maret 2018

Neuestes Rhein - Panorama von Mainz bis Koeln Part 3

Kembali lagi ke wisata kolonial kita.
Jika anda masih sedih dengan hilangnya beberapa lokasi bersejarah di kota Koln, sayangnya saat ini kita masih menyinggung kota malang tersebut. Tetapi jangan khawatir ada kota lain yang akan kita cek yaitu Bonn.

Lokasi bersejarah pertama yang akan kita lihat adalah Moltkedenkmall. Patung yang dibuat untuk menghormati feldmarschall Prussia Helmuth Karl Bernhard Graf von Moltke ini diresmikan pada 1 April 1881. Patung yang dipesan oleh komite kota ini dibuat oleh Fritz Schapper. Namun sayang, patung dari perunggu dan berlokasi di Laurenzplatz ini hancur saat Perang Dunia 2.
Sumber

Lokasi kedua adalah patung dan dari pembuat yang sama pula. Bismarckdenkmall yang berlokasi di Augustinerplatz ini diselimuti dengan kontroversi. Mengapa patung yang dibuat untuk menghormati Kanselir Kekaisaran Jerman yaitu Otto von Bismarck terdapat kontroversi? Karena saat patung ini dipesan oleh komite kota, kebijakan anti Katolik Bismarck yaitu kulturkampf berdampak jelas kepada penduduk Koln yang mayoritas beragama katolik. Patung ini sendiri awalnya dipesani pada tahun 1876. Namun karena pematung pertama yaitu   meninggal dunia, maka tugasnya diambil alih oleh Fritz Schapper. Akhirnya patung tersebut selesai dan diresmikan pada 1 April 1879. Nasib patung ini sendiri kurang jelas. Ada yang menyebut patung ini hancur saat Perang Dunia II. Namun ada pula kabar yang menyebutkan bahwa patung tersebut dicuri saat paska Perang Dunia II.
Sumber

Setelah kedua patung tersebut, kita beralih ke Richard-Wallraf Museum. Museum yang sekarang bernama Wallraf-Richartz Museum ini buka pertama kali pada tahun 1861. Tempat yang mengambil nama intelektual Ferdinand Franz Wallraf ini menyimpan buku, lukisan, koin, dan gambar seni lainnya. Nama Richard / Richartz sendiri berasal dari Johann Heinrich Richartz, pedagang yang menyumbang 100.000 thaler untuk pembangunan museum. Sayang sama seperti landmark di Koln, museum tersebut mengalami kerusakan pada Perang Dunia II. Akhirnya museum dibangun ulang dan selesai pada tahun 1957 serta masih buka hingga saat ini. 
Tahun 1861
Sumber

Tahun 1943
Sumber

Tahun 1957
Sumber

Tahun 2014
Sumber

Landmark berikutnya pada peta sangat unik. Karena tidak memperlihatkan bagian luar bangunan melainkan interior yang sangat cantik. Tempat ini bernama Gurzenichsaal. Bangunan yang dibangun pada abad ke-15 ini awalnya diperuntukkan untuk acara festival resmi. Dalam perjalanan waktu, bangunan ini dipakai sebagai pasar, orkestra, bahkan peristiwa bersejarah terjadi disitu. Tokoh komunis Karl Marx memanfaatkan aula bangunan ini saat memproklamirkan manifestonya pada tahun 1849. Beberapa hari berikutnya, perwakilan kota menyetujui konstitusi yang akan dipakai dalam Parlemen Nasional Frankfurt. Bangunan cantik ini hancur saat Perang Dunia II dan dibangun ulang pada tahun 1952 serta selesai tahun 1955.  

1899
Sumber

1955
Sumber

2010
Sumber

Lokasi berikutnya untungnya tidak banyak perubahan. Namun tetap saja ada perbedaan. Landmark di peta disebut dengan Flora. Bangunan yang bernama asli Flora und Botanischer Garten adalah taman kota dan taman botani. Pada Perang Dunia II, landmark ini mengalami kerusakan parah. Namun taman dibuka kembali pada tahun 1949 dan sedikit demi sedikit bagian bangunan diperbaiki dan dibangun ulang. Akhirnya pada tahun 1967, pembangunan ulang berhasil dituntaskan bertepatan dengan perayaan seabad Flora.
Tahun 1880
Sumber

Tahun 2014
Sumber

Landmark terakhir di Koln pada peta adalah Theatre atau Stadttheatre GlockengasseLandmark yang dibangun pada tahun 1872 ini menampilkan berbagai acara dari opera, drama, hingga balet. Bangunan ini hancur pada tahun 1943 alias saat Perang Dunia II.
Tahun 1872
Sumber

Setelah Koln, mari kita palingkan pandangan kita ke Bonn. Sebelum kita melihat landmark, terlebih dahulu kita cek suasana kota Bonn. Seperti yang tertera pada peta, kondisi kota Bonn sama dengan lukisan awal abad ke-20 ini. 
Sumber

Pada sebelah kanan peta, terdapat jembatan yang bernama Alte Rheinbrucke. Jembatan yang diresmikan pada tahun 1898 ini sempat berganti nama menjadi Klaus-Clemens-Brucke pada masa Nazi. Jembatan bernasib malang saat dihancurkan pada 8 Maret 1945 sehari sebelum pasukan Amerika memasuki Bonn. Pasukan Amerika kemudian membuat jembatan ponton pengganti yang mereka namai Beer Bridge. Pemerintah kota Bonn membangun ulang Alte Rheinbrucke di tahun yang sama dan meresmikannya pada tahun 1949. Namun sayangnya jembatan yang baru ini belum diketahui namanya. Apakah Neue Rheinbrucke? Pada tahun 1963, jembatan ini berubah nama menjadi Kennedybrucke untuk menghormati Presiden Amerika John Patrick Fitzgerald Kennedy yang tewas terbunuh.   
Sumber

Sumber

Sumber

Setelah membahas jembatan penghubung kota Bonn. Saatnya kita cek landmark pertama Bonn yaitu Munster in Bonn. Bangunan yang mempunyai nama lain Bonnermunster dan Munsterbassilika adalah gereja utama katolik di Bonn. Basilika ini dibangun pada abad ke-11 sebagai pengganti gereja sebelumnya yang sudah terlebih dahulu berdiri. Namun gereja sempat mengalami kehancuran pada abad ke-16 dan tahun 1689. Bahkan saat Perang Dunia II, katedral ini sempat mengalami pemboman. Namun gereja tetap berdiri sampai sekarang karena tiap kali ada kerusakan dan kehancuran, akan ada usaha perbaikan.
1905
Sumber

2010
Sumber

Setelah basilika, giliran patung di Bonn yang akan kita lihat. Yang pertama adalah Arndtdenkmal in Bonn. Patung yang berada di Alter Zoll ini untuk mengenang Ernst Moritz Arndt, seorang penulis, sejarawan, pejuang, dan juga anggota Parlemen Frankfurt. Patung karya Bernhard Afinger ini sendiri diresmikan pada tahun 1865 atau 5 tahun setelah Arndt meninggal. 
1892
Sumber

2017
Sumber

Landmark terakhir yang akan kita lihat disini adalah seorang tokoh terkenal dimana sebagian besar orang tahu. Tidak lain adalah Ludwig van Beethoven!
Patung yang pada peta bernama Beethovendenkmal in Bonn ini berada di Bonner Munsterplatz. Didesain oleh Ernst Hahnel dan selesai pada tahun 1845, patung ini menjadi daya tarik untuk kota Bonn bahkan hingga saat ini. Patung ini nyaris hancur saat Perang Dunia II.   
1886
Sumber

Maret 1945
Sumber


2008
Sumber

Jadi inilah tujuan wisata kedua kita. Berikutnya kita akan melihat landmark kota Bonn lainnya.


Usia: 1897 - 1911

Tidak ada komentar:

Posting Komentar