Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Minggu, 13 Mei 2018

Helm Tank DH-132

Apakah anda pernah membayangkan helm tank? Helm milik saya ini bisa menjadi contoh untuk melihat lebih dekat.

Helm diatas bernama DH-132. Helm yang dibuat oleh perusahaan Gentex ini sering disebut dengan helm CVC (bukan PVC lho) atau helm Combat Vehicle Crewman. DH-132 adalah pengganti helm T56-6 pada tahun 1973. 
Helm T-56-6
Sumber

Mengapa helm yang serupa dengan helm pilot jet tempur tersebut diganti? Karena helm dipandang kurang untuk melindungi suara bising di interior kendaraan tempur, terutama suara mesin yang berisik. Setelah melalui beberapa uji coba akhirnya Gentex yaitu pabrik dari Carbondale Pennsylvania Amerika berhasil membuat DH-132.
Sumber



Berbeda dengan T56-6 atau rival terbesarnya yaitu helm tank Soviet seperti TSH-3 Shlemovon atau TSH-4, DH-132 terdiri dari 2 bagian. Bagian cangkang dan liner. Pemilahan ini mengingatkan kita kepada helm baja Amerika yaitu M1. Pemasangan 2 bagian helm tersebut sama dengan M1, sangatlah sederhana. Pada bagian dalam cangkang terdapat kain perekat untuk merekatkan cangkang ke permukaan luar liner. Selain itu di bagian cangkang terdapat sabuk yang dipasang pada liner.
Bagan Helm DH-132
Dari Manual TM-10-8400-203-23
Sumber
Sumber

Sumber

Bagian Cangkang
Perhatikan kain perekat di bagian tengah.
Selain itu pula seharusnya di bagian depan kiri dan kanan cangkang terdapat sabuk. Di cangkang ini hanya ada di bagian kiri saja karena rusak.
Sedangkan di bagian belakang cangkang terdapat kancing untuk memasang sabuk dari liner 

Bagian liner sendiri terbuat dari kain dan balok spons yang nyaman saat dikenakan. Selain itu pula bahan yang dipakai tahan api. Di bagian belakang liner terdapat sabuk yang digunakan untuk mengatur ukuran kepala.
Bagian Liner
Perhatikan bagian perekat ukuran liner dan sabuk untuk dipasang di cangkang
Bagian perekat untuk cangkang terdapat di atas liner

Liner sendiri dipasang alat komunikasi yang berupa headset. Headset yang digunakan adalah MK-1697/G yang merupakan pengganti dari MK-1039/G. Untuk Amerika sendiri, biasanya dibuat oleh pabrik Sonetronics tapi terkadang dibuat oleh Gentex langsung. Tetapi ada pula headset yang tidak tahu pembuatnya. Namun selain headset, Sonetronics juga membuat helmnya pula. Sayang peralatan komunikasi pada helm yang saya miliki ini sudah LWO. Serta tidak adanya label pada helm, kita juga tidak dapat mengetahui dari negara mana pembuat DH-132 ini.
Headset pada helm ini tidak diketahui dari pabrik mana pembuatnya.
Hanya monogram SI yang menjadi identitas.
Bagian headset ini dulunya berupa tempat mikrofon
Untuk bagian kiri dulunya adalah saklar untuk 3 jalur komunikasi
Di dalam bagian telinga headset sekarang sudah kosong ...
Di bagian bawah mikrofon terdapat tempat untuk memasukkan kabel komunikasi
Dulunya ini adalah kabel yang panjang ...
Gentex
Sumber
Sumber
Sonetronics
Sumber

Dalam perjalanan waktu, dibuat pula varian DH-132 yaitu DH-132A, DH-132B serta varian lainnya. Perbedaan DH-132 dengan varian lainnya adalah cangkang DH-132 hanya dibuat dari fiberglass, polyvinyl, ataupun resin. Bahan tersebut hanya cukup melindungi awak dari benturan saja dan bukannya anti pecahan peluru ataupun artileri. Untuk varian berikutnya dibuat pada tahun 1980-an. Bahan yang dipakai yaitu kevlar atau aramid sebagai cangkang. Hingga sekarang varian helm DH-132 masih dipakai oleh US Army atau Angkatan Darat Amerika. Helm ini malang melintang dimana-mana entah melalui ekspor ataupun klon. DH-132 sudah menjadi simbol dari pasukan lapis baja Amerika. 
Bagaimana dengan TNI? Ada kemungkinan helm tersebut masuk saat Orde Baru membeli kendaraan tempur dari Barat terutama dari Amerika. Alhasil publik bisa melihat DH-132 terpakai di kepala awak kendaraan lapis baja Indonesia. Seperti halnya Amerika, TNI masih memakai helm DH-132 untuk awak kendaraan lapis baja mereka hingga saat ini.
Awak V-150 Commando dengan DH-132 pada Tahun 1978
Sumber

Awak V-150 Tahun 2010
Sumber

Awak Ferret pada Tahun 2014
Sumber

Awak MBT Leopard 2 Tahun 2015

Awak Panser Badak Tahun 2016
Sumber

Jadi inilah helm DH-132. Salah satu helm tank terkenal di dunia. Helm yang nyaman saat digunakan dan untuk interior kendaraan lapis baja atau tank yang bising, helm ini sangat membantu sekali. Asal jangan dipakai saat mengendarai sepeda motor, ditanggung anda tidak bisa mendengar klakson kendaraan lain. hehehe
Bisingnya Interior MBT

Usia: 1973 - 1980-an.

2 komentar:

  1. Dlu beli di mana mas? Saya malah punya TSh-4m, masih memburu TSh-3 dan pdan pendahulunya wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu beli di OLX, dari Bali. Entah yang jual dapatnya dari mana. hehehe

      Wah mantap koleksinya. Semoga sukses huntingnya mas. :D

      Hapus