Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Senin, 01 Juli 2019

Masih di Alexandria

Setelah sudah setahun, saatnya saya melanjutkan diary kembali.  :) Selagi menunggu komputer bisa aktif lagi.
Sama seperti entry terakhir kali, catatan berupa surat dan bukannya uneg - uneg.

Laut Tengah, Alexandria - Port Said 
Februari 16, 1959 

Tinyku yang kukangeni banget, 
Tadi malam bongkar muat tidak bisa selesai, dikarenakan kelelahan dan hujan. Pagi ini baru bisa dilanjutkan. Meski begitu, udara sangat baik dibanding tadi malam. Akan tetapi aku sudah tidak ingin mengunjungi kota Alexandria lagi. Karena saat aku berkeliling malamnya, kulihat jarak kapal dari pelabuhan jauh. Selain itu pula, jalan di pelabuhan juga becek dan hujan yang tidak menentu. Di kapal, aku hanya bisa main ping pong dan membaca. Kupinjam buku milik pelayan, Tafsir Al-Quran milikku juga kubaca. 
Sore ini tadi jam 5, kami sudah meninggalkan dermaga. Keluar di pelabuhan pada pukul setengah 6, kami meneruskan perjalanan ke Port Said. Jika lancar, fajarnya kami sudah tiba disana. Jika tidak ada apa - apa pula, sorenya berangkat melewati Suez Canal di Suez. Wah jika lewatnya malam hari ya disayangkan tidak bisa berkamera. Jika terjadi, ya tidak apa - apa. 
Tiny, aku akan sedikit mengingatkan. Kelak jika menjemputku di pelabuhan Priok (Tanjung Priok), aku dibawakan buku kamus bahasa Inggris - Indonesia. Belikan kamus itu tadi: Inggris - Indonesia / Indonesia - Inggris, akan kukirimkan ke Tom White. Dia vice manager (assistent manager) Inward Freight Funch Edye; bukunya akan kutitipkan kapal Zeeland yang sepertinya kembali ke New York sehabis bongkar muat di Indonesia. Selain itu, belikan kartu yang gambarnya Serimpi atau pemandangan Indonesia. Nanti kutulis sebagai pengantar buku. Dikemas tapi jangan dilem. Jangan lupa ya? 
Dibawah ini kucantumkan lagi posisi kapal. Melanjutkan suratku tanggal 11 Februari. 
12 Februari - Tripoli 
13 Februari -  32.56 Lintang Utara dan 13.13 Bujur Timur
Sumber

14 Februari - 32.27 Lintang Utara dan 24.47 Bujur Timur
Sumber

15 Februari - Alexandria 
16 Februari - Alexandria 

Sudahan dulu ya Tiny, besok jika jadi menerima surat darimu yang kau kirim ke Port Said, kubalas lagi. Doaku untukmu agar diberi keselamatan dan kecupku untuk Totom yang tampan. Serta cintaku kepadamu siang maupun malam.


Usia: 1959

Tidak ada komentar:

Posting Komentar