Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Jumat, 24 April 2015

S60 AAA Indonesia

Anda masih ingat dengan bagian lefties ini?

Kali ini saya akan meng-share 2 koleksi saya yaitu selongsong peluru meriam 57 mm. Selongsong jenis ini dipakai untuk AAA (anti aircraft artillery) atau PSU (Penangkis Serangan Udara) S60 buatan Uni Soviet. Meriam ini adalah salah satu tulang punggung anti serangan udara Soviet pada era 1950-60an dan tergolong laris diimpor oleh negara-negara lain. Salah satunya adalah Indonesia.

Untuk selongsong pertama terbuat dari baja dan ber-marking 57. Yang menandakan selongsong tersebut dibuat pada tahun 1957 atau tahun-tahun awal masuknya meriam S60 di Soviet. Pada bagian badan selongsong, terdapat marking yang dicat. Salah satunya terdapat tulisan UOR-281U dalam tulisan cyrillis yang menandakan selongsong ini dulunya peluru ledak curah atau fragmentation.

Untuk selongsong kedua terbuat dari campuran tembaga dan silikon dan ber-marking 62. Untuk selongsong dengan bahan ini ditandai dengan marking huruf "K". Mirip dengan selongsong sebelumnya, selongsong tersebut menandakan dibuat pada tahun 1962. Tahun yang sama saat persiapan TRIKORA. Untuk selongsong ini uniknya terdapat hulu ledak tiruan yang dibuat dari kayu dan dicat lingkar merah dan pada ujung hulu ledak. Ini menandakan dulunya hulu ledak yang berada pada selongsong ini adalah hulu ledak tinggi dan pembakar atau high explosive incendiary shell.


Kedua selongsong tersebut mempunyai marking "T" yang menandakan dibuat di Pabrik Tula, Rusia.
Kotak Amunisi S60
Dimensi 65 cm x 61 cm x 18 cm.
Sumber


Sumber:
http://russianammo.org/Russian_Ammunition_Page_57mm.html
http://russianammo.org/Russian_Ammunition_Page_Headstamp.html
http://cartridgecollectors.org/?page=headstampcodes
http://batalyonarhanudse-8.blogspot.com/ (beberapa foto tentang meriam ada pada situs ini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar