Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Sabtu, 11 April 2015

Soedali's Water Canteen

Berikut adalah salah satu koleksi lama saya. Water Canteen atau pelples atas nama M. Soedali. 
Pelples ber-marking AD-61 ini tidak mencantumkan nama pembuatnya. Namun ada kemungkinan pelples ini adalah buatan Indonesia sendiri. Mungkin salah satunya oleh pabrik Mecaf di Bandung. Bentuk peples ini bentuknya khas yaitu adanya garis sambungan vertikal, ini mirip dengan pelples Amerika M1910 yang juga ada yang menggunakan gaya yang sama. 
Pelples ini kemungkinan dibuat pada tahun 1961 dan diperuntukkan oleh Angkatan Darat jika merunut dari arti marking tersebut. Penggunaan pelples ini mungkin saja termasuk banyak dan dipakai saat Trikora serta jika kita melihat contoh foto di bawah, saat Dwikora alias konfrontasi dengan Malaysia.
Untuk sang pemilik, awalnya mungkin Soedali mendapatkan pelples ini sebagai pengganti peples lamanya, dia langsung membubuhkan identitasnya disitu dengan menggunakan benda tajam pada badan peples. Mungkin saja karena kurang jelas, maka Soedali mengambil langkah ekstrim yaitu menamai pelplesnya lebih besar. Kali ini dengan teknik beda, dengan cara melubangi pelples dengan kedalaman yang tidak sampai membuat peples ini bocor. Riskan tapi worth it in my opinion. Peples ini terlihat lebih unik dibandingkan koleksi bernama saya yang lain.
Peples terlihat dari bagian depan

Dari tiap samping, perhatikan gaya penyambungan yang mirip dengan saudara tuanya

Dari belakang
Dari bawah dan atas ...

Tutup peples, mirip dengan peples Amerika pula

Soedali ... sayang ada lubang pada nama di atas. Saat saya isi air, air langsung mengalir dari situ

Marking

Perbandingan AD-61 dengan Pelples Amerika M1910

Utusan Malaya mengajukan protes kepada PBB atas langkah Indonesia. Mereka memperlihatkan barang bukti perlengkapan TNI yang berhasil mereka rampas. Salah satunya pelples dengan model yang sama dengan peples marking AD-61 ini


Usia: dibuat mungkin mulai tahun 1961.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar