Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Senin, 13 April 2015

KNIL Canteen in Catalogue

Berikut adalah sebagian barang yang mungkin dipakai oleh KNIL atau hierarki Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda seperti yang tercantum pada katalog dagang firma Bouman & Spanjaard  atau Bospana dari Amsterdam. Katalog ini adalah bagian dari katalog yang saya jual ini. Hanya saja saya tidak akan menjual bagian seperti yang saya share ini.
Klik untuk ukuran lebih besar

Barang yang dijual dari peples KNIL (sama dengan pelples ini) lengkap dengan penutup kulitnya, gelas dan sendok-garpu serta rantang dari aluminium, kancing untuk seragam ambtenaar, alamat (apakah mungkin panggilan orang pribumi untuk monogram?), 2 pisau lipat salah satunya swiss army atau victorinox. Seperti yang dapat dilihat, setiap barang dicantumkan deskripsi dalam bahasa Indonesia ejaan van Ophuijsen beserta harga-harganya.
Awalnya yang membuat saya kaget adalah pelples standar militer untuk KNIL dijual bebas untuk umum. Tidak hanya dijual satuan namun bisa dijual lusinan, serta baru kali ini saya tahu tentang kapasitas pelples ini yaitu 3/4 liter. Selain itu pula, saya juga baru tahu jika KNIL mempunyai 2 macam pelples seperti yang terlihat pada katalog.
Yang terakhir adalah nama pelples, yaitu Botol Minoeman Orang Soeldadoe (Botol Minum Tentara) ini terbilang unik. Entah ini nama populer yang beredar di masyarakat pada masa itu atau inisiatif sang penjual sendiri. Rasanya tidak mungkin jika ini adalah nama standar dari KNIL. Karena pisau Victorinox juga dinamai Piso Soeldadoe ...


Usia: mungkin dibuat 1910an - 1930an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar