Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Kamis, 10 September 2015

Trilogi PKI Part III

Sudah lama sejak terakhir kali saya membuat thread macam ini. Saatnya kita memasuki bagian ketiga. (Klik tulisan biru untuk mengecek bagian sebelumnya => part II
Untuk koleksi pertama sebenarnya hanya repro dari sebuah foto. I hate repro but for a reference i don't mind lol Namun yang membuat foto ini spesial adalah foto seorang veteran gerilyawati. Dari medal bar yang dia pakai disini salah satunya adalah Satya Lencana Penegak. Veteran gerilyawati disini adalah salah satu contoh dari para veteran yang ikut serta dalam memberantas PKI.

Koleksi kedua serupa dengan koleksi pertama yaitu adanya pemakaian Satya Lencana Penegak pada seorang veteran. Hanya saja yang membuat koleksi ini unik adalah selain koleksi berupa kartu izin pemakaian tanda jasa, sang pemilik surat ini adalah seorang veteran Tentara Pelajar. Tepatnya dulu dia adalah anak buah Mayor Achmadi, Komandan Tentara Pelajar di Surakarta pada masa Revolusi Kemerdekaan. 
Sumber foto

Selain itu pula sang veteran Tentara Pelajar juga sempat ikut serta dalam melawan pemberontakan PKI di Madiun pada tahun 1948. Ini tercermin pada medali Satya Lencana GOM I yang dia terima juga disini.

Menyinggung tentang pemberontakan tahun 1948, koleksi ketiga berbicara tentang peristiwa itu pula. Selain itu, koleksi ini saya kira yang paling unik dan tiada duanya. Karena ini sebuah gambar karikatur. Ya karikatur yang dibuat oleh seorang pelajar sesaat pasca affair Madiun tersebut. Karikatur disini menggambarkan seorang tokoh terkenal PKI pada masa itu. Apakah anda bisa menebak siapakah orang ini?

Jika belum bisa menebak, orang yang dia gambar adalah tokoh dibawah ini
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Jawabannya masih dibawah, tetap gerakkan mouse anda
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Sumber foto

Ya, karikatur Amir Sjarifuddin dan lengkap dengan pipanya. lol
Kita juga bisa melihat satu orang lengkap dengan pin palu arit lari dengan membawa koper. Ada kemungkinan sang penggambar maksudkan disini adalah pasukan dan simpatisan PKI tunggang langgang ke dalam hutan pasca dikalahkan oleh TNI. Melihat dari gambar sang pelajar disini, kita bisa menerka adanya rasa ketidakpastian pada masa itu. Tulisan "AMAN?" di bawah gambar adalah indikatornya. Saat itu sang penggambar bertanya-tanya, apakah situasi akan aman setelah PKI diusir ke hutan-hutan? Namun yang pasti, gambaran dia tentang Amir Sjarifuddin yang menangis dan berteriak "ADUH!" disini menandakan bahwa pimpinan-pimpinan PKI sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Hasil imajinasi dia disini diterima positif oleh gurunya, alhasil nilai 8 diberikan disini.


Usia: dibuat 1948 - 1980an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar