Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Minggu, 20 November 2016

Bayonet - KNIL Beaumont M1871

Setelah bayonet getrokken, inilah bayonet kedua yang saya dapatkan saat itu. Bayonet berikut adalah bayonet M1871 yang dipasang pada senapan Beaumont. Senapan Beaumont sendiri adalah senapan isi belakang (breech loader) pertama milik Belanda. Menggantikan posisi senapan sistem lantak perkusi dan sistem Snider, senapan Beaumont menandai keikutsertaan Belanda pada tren senapan breech loader di dunia pada masa itu. Senapan tersebut pada masanya mempunyai berbagai varian, dari model M1871, model kolonial M1873 untuk pasukan KNIL, hingga varian untuk kadet.
Untuk bayonet sendiri, terdapat 2 varian. Varian atau pola pertama menggunakan 1 buah baut pada storm ring (ring pengunci). Storm ring untuk pola pertama terbuat dari besi. Pola berikutnya adalah pola kedua, ini ditandai dengan adanya 2 buah baut dan storm ring terbuat dari baja. Untuk pola kedua ini muncul pada Juni 1875. Di waktu yang bersamaan pula, "kerah" bayonet dibuat pula dari baja. Untuk pergantian ini, KNIL baru mulai mengadopsinya pada tahun 1877. Selain itu pula, bayonet yang dipakai oleh KNIL diwarnai warna coklat.
Harap diketahui bahwa KNIL juga sempat membuat bayonet model mereka sendiri pada masa yang bersamaan yaitu model M1873. Namun bayonet tersebut tidak untuk senapan Beaumont, melainkan untuk karaben Remington. Bentuk bayonet itu sendiri, serupa dengan M1871 pola kedua namun kepala-leher bayonet lebih pendek. Bayonet tersebut juga lebih langka.














Stempel pada bayonet
Nomor seri "F 43"

Perbandingan dengan bayonet Getrokken / Snider

Ukuran bayonet


Bayonet tipe Beaumont tetap dipakai hingga munculnya senapan Mannlicher pada tahun 1895.


Usia: 1871 - 1877

Tidak ada komentar:

Posting Komentar