Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Selasa, 01 November 2016

Koleksi Juventus-ku

Untuk post awal bulan November ini saya akan memperlihatkan beberapa koleksi saya tentang Juventus. ... kalau ini bisa disebut sebagai koleksi lol Karena ini bertepatan dengan ulang tahun klub tersebut.
Seperti yang sempat saya singgung di post (ini), klub sepakbola favorit saya adalah Juventus. Jujur saja, saya bukan orang yang pertama kali mendengar klub tersebut langsung mendukungnya. Karena awalnya saya tidak mengenal sepak bola. Pertama kali mendengar Juventus pada awal 1990-an, ingatan saya terpatri saat salah satu komentator menyebut Juve sebagai "Tim Kuda Hitam". Saat itu saya masih kecil alhasil belum mengetahui bahwa kalimat tersebut adalah tim kejutan namun saya menganggapnya sebagai sesuatu yang keren. Setelah terlupakan untuk beberapa tahun, saya bertemu Juve lagi saat bermain game.
FIFA Soccer 96, game Sega Megadrive / Genesis yang saya beli di Jakarta adalah game tersebut. Game sepak bola moyang dari FIFA 2017 ini membuat rasa penasaran saya kepada Juve semakin tinggi. Setiap kali saya memainkan Juve sebagai komputer, saya melihat tim tersebut menang terus. Namun saya masih belum paham soal sepak bola.
Sumber
Pada akhirnya ketertarikan saya kepada Juve berubah saat musim sepak bola tahun 1997/98. Saat itu permainan Alessandro del Piero, Zinedine Zidane, Antonio Conte, Edgar Davids serta seragam yang cantik, menyihir saya untuk mendukung klub tersebut. Saya masih ingat, pertandingan pertama Juve yang saya tonton adalah di RCTI saat Juve tandang ke Monaco pada semifinal Liga Champions. Namun saya tidak menonton 90 menit penuh karena ditayangkan pada dini hari.
Saking senangnya saya dengan Juve, saya sampai mengganti tanda tangan saya dari yang sebelumnya nama saya yaitu "Timur" menjadi "Juve". Namun pada dasarnya penggantian tanda tangan ini tidak merubah arti nama saya juga. Karena baik "Timur" dan "Juve" mempunyai arti yang sama yaitu "Muda". Tanda tangan "Juve" tetap saya pakai hingga sekarang. hehehe
Sumber

Selain tanda tangan, saya juga sempat membuat sumpah pada masa itu. "Juve, Io Constante Amore Tu Fino A Io Morire" yang artinya "Juve, saya akan tetap mencintaimu hingga mati". Sumpah yang saat itu saya buat sendiri dengan bantuan sebuah kamus italia - indonesia. hehehe
Setelah sempat diuji dengan penampilan Juve pada tahun 1998/99 dan tahun 1999/00 serta kasus Farsopoli / Calciopoli, saya tetap mendukung penuh klub tersebut hingga sekarang. Dan selama ini saya sempat membeli beberapa pernak - pernik Juve hanya saja karena sering sekali saya pindah rumah, banyak yang hilang. Namun ada beberapa yang berhasil saya simpan.
Yang pertama adalah buku kliping yang saya mulai buat pada tahun 1999.











Sebenarnya bukan kliping melainkan album foto yang ditempeli berbagai gambar dari koran dan majalah. hehehe Seperti yang anda lihat, gambar - gambar tersebut saya ambil dari tabloid "Bola", "Go", "Sportif", "Liga Italia", dan kartu - kartu yang saya beli pada saat saya sekolah.
Selain itu pula, saya berhasil menyimpan print sejarah Juve dari situs resmi Juventus namun dari tahun 1999!

Jika diperhatikan, gelar liga italia terakhir pada sejarah yaitu pada musim 1997/98. 
Dalam album ini juga terdapat kartu koleksi buatan Upper Deck yang dibelikan oleh mendiang ayah saya saat beliau ke Jakarta.



Kartu - kartu ini seperti yang anda lihat, asli.
Koleksi yang kedua adalah poster Juve tahun 1996/97.

Saya membelinya saat tinggal di Sragen pada tahun 1999, poster tersebut masih menghiasi apotek saya. hehehe
Koleksi ketiga adalah kaos Alessandro del Piero buatan Grifone. Pabrik kaos Indonesia.



Terlihat pula Alen Boksic dan Christian Vieri. Dua pemain Juve yang hanya bermain pada musim 1996/97. Saya meragukan jika ini merchandise asli, berhubung logo Juve yang memakai kuda bukannya banteng. Kaos itu saya beli di Surabaya pada tahun 2000 dan masih saya pakai pada saat nonton bareng. :)
Koleksi keempat adalah vandel.


Vandel yang saya beli pada tahun 2000 di Malang ini memperlihatkan Juve saat memakai sponsor  utama tahun 1998/99 yaitu "D+ Liberta Digitale".
Koleksi kelima adalah kaos official merchandise atau merchandise resmi dari Juve.



Kaos dibuat oleh E.P.I.

Kaos untuk musim kompetisi tahun 2004/05 ini dibelikan oleh mendiang ayah saya saat beliau kunjungan kerja ke Italia. Saat itu saya memang meminta untuk membelikan kaos ini. Tapi yang saya tidak tahu, ayah saya membeli kaos itu saat beliau berada di Roma. Mendiang ayah saya menceritakan bagaimana membeli kaos tersebut. Saat masuk ke sebuah toko olah raga dan menanyakan kaos tersebut, mendiang ayah saya langsung diberitahu oleh penjaga toko. "Juventus Is Shit", itu kata dia. Untung saja, mendiang ayah saya berhasil membeli kaos tersebut dan alhasil kaos dengan nama dan angka Pavel Nedved yang juga salah satu pemain favorit saya ini tetap saya pakai saat nonton bareng pula. Uniknya, kaos ini adalah tim dari Turin, kaos dibuat di Milan dan dijual di Roma. XD
Jadi inilah beberapa koleksi Juve saya, usianya pun belum terlalu tua memang. Namun yang penting adalah dukungan dari dalam hati yang paling dalam. :D

Forza Juve! Buon Compleano a 119 anni!! Fino alla Fine!!!


Usia: 1996 - 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar