Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Kamis, 14 Desember 2017

Wij Strijden Met De Teekenstift - Italiaansche Bevelhebbers Nemen Ontslag

Setelah melalui berbagai petualangan militer Italia melalui tangan Hofer, akhirnya kita sampai di penghujung cerita. Selamat datang kembali di wij strijden met de teekenstift, seusai ekspedisi ke Mesir, Yunani dan menghadapi Inggris; kita akan melihat efek dari petualangan Mussolini yang gagal itu. Yaitu para jenderal Italia yang berhenti atau didepak oleh Mussolini. 
Dari regio esercito alias angkatan darat, Kepala Staf maresciallo Pietro Badaglio yang menjadi korban. Dia mengundurkan diri pada bulan Desember 1940. 
Sumber

Regia marina atau angkatan laut, harus kehilangan ammiraglio d'armata Domenico Cavagnari. Diberhentikannya dia, tidak terlepas dari ketidaksiapan Angkatan Laut Italia terutama dalam Pertempuran Taranto.
Sumber

Lepasnya 2 orang perwira strategis Italia tersebut digambar Hofer dengan peribahasa rats abandoning a sinking ship. Arti dari peribahasa tersebut adalah sesuatu yang gagal terlihat dari pengikutnya yang mulai meninggalkan hal tersebut. Para jenderal diasosiasikan dengan tikus. Sedangkan kapal dengan gondola Venesia dengan Mussolini sebagai pengemudinya. Tidak ketinggalan Raja Vittorio Emanuelle III menumpang gondola tersebut.  Hofer menggambar gondola sudah setengah tenggelam dan Mussolini terlihat memasang raut wajah kesal tidak bisa berbuat sesuatu. Sedangkan sang Raja yang seperti biasa ditemani dengan pedangnya, hanya bisa melihat Mussolini. Pada badan tikus terdapat nama - nama jenderal yang berhenti atau dihentikan seperti Badoglio dan Cavagnari. Namun uniknya terdapat nama de Vecchi atau Cesare Maria de Vecchi
Sumber

Mengapa unik? Karena saat itu de Vecchi yang menjabat sebagai Gubernur Kepulauan Aegea Italia di Yunani tidak ikut mundur. Bahkan pada masa itu, dia dibilang tidak ikut serta secara langsung dalam bencana militer Italia. Meskipun pada bulan Desember 1940, dia dipanggil pulang ke Italia tetapi de Vecchi tidak mendapatkan jabatan strategis hingga Juli 1943. 
Ada kemungkinan Hofer hanya memberi contoh dari para petinggi Italia terkenal saat itu. Salah satunya adalah de Vecchi tetapi tanpa melihat fakta di lapangan terlebih dahulu. Namanya juga propaganda, yang penting pesan sudah disampaikan kepada para pembaca tanpa harus melihat kebenarannya terlebih dahulu ...


Usia: 1941

Tidak ada komentar:

Posting Komentar