Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Minggu, 01 Februari 2015

Steunfonds Holland

Steunfonds Holland atau penggalangan dana untuk Belanda. Ya ini adalah gerakan untuk mendukung perjuangan pembebasan Belanda yang dilakukan oleh para penduduk Belanda di pengasingan maupun di koloninya. Gerakan ini muncul setelah negeri Belanda diserbu dan diduduki oleh Jerman pada medio Mei 1940. Entah di Batavia, Bandung bahkan di Solo sekalipun, muncul gerakan ini pula. Sesuai dengan lembar pengumuman dibawah, komite penggalangan dana meminta kepada para penduduk Solo atau Surakarta untuk menukarkan cincin pernikahan atau perhiasan lainnya. Sebagai gantinya mereka akan diberikan sebuah cincin perak sebagai sebuah simbolisasi bahwa mereka sudah turut serta dalam gerakan penggalangan dana tersebut. Penukaran perhiasan akan dilakukan di Firma Vriesland pada hari Minggu 17 Juni pada tahun 1940. Pengumuman ini ditandatangani oleh Ketua Komite yaitu Gubernur Solo Karel Johann Alex Orie, meskipun tanda tangan pada kertas ini hanyalah sebuah cetakan.

Aan de ingezetenen van soerakarta

Van verschillende zijden werd er bij het comite voor het "Steunfonds Holland" op aangedrongen, dat er steppen houden worden genomen, om ook hier, als in andere steden van Indie, de mogelijkheid te openen tot inwisseling van trouwringen of andere sieraden tegen eenvoudige zilveren ringen.
Het comite kon thans mededelen, dat vanaf maandag 17 juni deze gelegenheid zal worden geopend bij den Firma van Vriesland hier ter stede, waar zilveren ringen gratis zullen verkrijgbaar worden gesteld bij inlevering van een gouden ring of ander sieraad ten bate van het fonds.
Ongetwijfeld zullen velen van deze gelegenheid willen gebruik maken, want de zilveren ring, die U ervoor verkrijgt, heeft een dubbele symbolische waarde!


Kepada penduduk Surakarta

Berbagai pihak mendorong Komite "Steunfonds Holland" untuk mengambil langkah, disini juga, seperti yang telah dilaksanakan di kota-kota lain di Hindia, kesempatan untuk membuka penukaran cincin pernikahan atau perhiasan lainnya dengan cincin perak sederhana.
Komite menyatakan bahwa dari hari Minggu 17 Juni, kesempatan ini akan dibuka di Firma Vriesland di sini, dimana cincin perak akan berlaku gratis untuk setiap penyerahan cincin emas atau perhiasan lainnya untuk keuntungan komite.
Tidak dipungkiri, banyak penduduk akan memanfaatkan kesempatan ini, karena cincin perak, jika anda mendapatkannya, mempunyai makna simbolis ganda!
[Update (14 Juni 2015) : akhirnya saya menemukan apa Firma Vriesland itu.
Firma tersebut seperti sebuah toko kelontong. Menawarkan jam, weker Mickey Mouse atau Miki Tikus, berbagai macam lampu, hingga pakaian. Namun sayangnya masih tidak diketahui tepatnya dimana toko tersebut berada. Namun satu hal yang kita ketahui adalah sang pemilik toko memasang iklan tokonya di buku Het Roode Kruis atau Palang Merah cabang Solo yang berkantor di Poerwosariweg nomor 306 di daerah Purwosari sekitar tanggal 5 Juni 1941
Update 3 September 2015: Terjawab sudah, seperti apa Firma Vriesland ini

Jujur saja, saya mendapatkan pengumuman ini dari buku register keuangan Solo tahun 1940 yang saya jual ini. Awalnya saya mengira, surat ini hanyalah bagian dari register seperti surat pengesahan atau persetujuan. Ternyata saya menemukan sesuatu yang spesial. Seperti uncovering hidden treasure. :D
Pengumuman ini pada masanya pasti ditempel di papan pengumuman dan sudah pasti tidak akan bertahan lama karena hanya bersifat sementara. Belum lagi perasaan anti Belanda sangat berkoar-koar pada masa Jepang maupun Revolusi ataupun masa Trikora. Maka kesempatan pengumuman seperti ini untuk bisa awet dan selamat sangatlah kecil.

Umur: dibuat medio Juni 1940

Tidak ada komentar:

Posting Komentar