Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Kamis, 03 September 2015

Catalogus van de Firma van Vriesland

Bagi anda yang pernah membaca thread Steunfonds Holland, anda pasti tidak asing dengan nama Firma van Vriesland bukan? Karena firma tersebut adalah tempat dimana penggalangan dana untuk negeri Belanda diadakan. Awalnya seperti yang saya update pada thread tersebut, Firma van Vriesland semacam toko kelontong. Namun akhirnya saya mendapatkan semacam jawaban, seperti apakah firma tersebut. Karena saya mendapatkan katalognya!

Meskipun katalog ini tidak sejaman dengan pengumuman Steunfonds Holland yaitu lebih tua 1 dekade, namun dengan melihat isi katalog ini kita bisa mengetahui seperti apa firma tersebut.
Katalog ini dibagi menjadi beberapa afdeeling atau bagian, dan seperti katalog pada umumnya, berbagai macam afdeeling lengkap dijabarkan disini. Afdeeling-afdeeling tersebut antara lain:
  • Juweliers Afdeeling (Bagian Perhiasan)
  • Afdeeling Modes (Bagian Mode)
  • Afdeeling Kinderkleeding (Bagian Pakaian Anak)
  • Afdeeling Huishoudelijke-Artikelen (Bagian Perlengkapan Rumah Tangga)
  • Afdeeling Geschenken (Bagian Hadiah)
  • Afdeeling Luxe-Artikelen (Bagian Barang Mewah)
  • Afdeeling Lederwerken (Bagian Peralatan Kulit)
  • Afdeeling Parfumerieen (Bagian Parfum), dan
  • Afdeeling Vulpenhouders (Bagian Pena)













Seperti yang anda saksikan sendiri, berbagai macam barang ditawarkan di katalog ini. Lengkap dengan harga dan merek masing-masing. Seperti Gero, Borsalino, Ahoco, Keds, Gillette, Houbigant, Coty, Myrurgia, Boldoot, Yardley, Conway Stewart, Waterman, Parker, Wahl, Sheaffer, Election, Cyma, Longines, Wyler, Studio, dan JunghansApakah mungkin kata "sepatu kets" berasal dari merek keds, dan "silet" dari gillette di atas? 
Meskipun kondisi katalog ini laat te wensen over atau left a lot to be desired dan saya tidak akan membeli katalog ini jika bukan karena nama Firma van Vriesland lol, namun paling tidak kita bisa mengetahui sedikit demi sedikit tentang firma ini. Dan dilihat dari konten atau isi katalog ini, kita bisa mengetahui bahwa toko ini bukanlah toko kecil. Ada kemungkinan pula bahwa toko Firma van Vriesland adalah yang terbesar di kota Solo pada saat itu. Wajar saja Steunfonds Holland dilaksanakan disitu.
Update 17 September 2015:
Agar memudahkan anda membayangkan seperti apa toko di jaman kolonial, mari kita cek toko Njonja Auw Tjhing Ho di kota yang sama dibawah ini

Bangunan yang sangat megah bukan? Toko yang dibangun sejak tahun 1925 dan berada di daerah Coyudan ini dilengkapi dengan hiasan elang pada atap toko. Mungkin saja toko ini adalah salah satu rival Firma van Vriesland pada saat itu. 


Usia: Tidak bertanggal namun terdapat tanggal standar harga perak per-1 Juni 1928. Kemungkinan besar katalog ini dibuat pada medio pertengahan atau akhir tahun 1928.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar