Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Sabtu, 21 Februari 2015

Onbekend Koningschap

Ini baru pertama kalinya saya mengshare koleksi saya langsung setelah saya mendapatkannya. Atau dengan kata lain belum berumur sehari.
Kali ini saya mendapatkan sebuah foto KNIL lagi. Bedanya dengan foto pertama dan foto kedua, kali ini foto menampilkan seorang perwira. Meskipun sayangnya foto dalam keadaan tidak sempurna, namun masih kita bisa melihat betapa indahnya seragam kebesaran (groot tenue ) atau dalam bahasa militer sekarang adalah Pakaian Dinas Upacara (PDU) model M1894 yang diperuntukkan untuk perwira. Seragam untuk perwira tersebut pertama kali keluar pada tahun 1896 untuk menggantikan seragam M1868 yang saya rasa adalah seragam KNIL paling sederhana yang pernah ada. Seragam M1894 ini tetap digunakan hingga tahun 1912 saat seragam attila yang baru muncul.
Sang perwira yang juga seorang ningrat Jawa ini berpangkat letnan dua. Ini diperlihatkan dari bintang pangkat pada kerah seragamnya. Dan melihat dari pedang yang dia pamerkan, pedang tersebut serupa dengan pedang kavaleri Belanda model M1876. Berarti dapat kita simpulkan sang ningrat tidak bernama ini adalah seorang letnan dua kavaleri.



Usia: dibuat medio 1896-1912.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar