Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Senin, 15 Desember 2014

Introduction und Onbekend Soldat

Akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog baru lagi khusus untuk mengsharing koleksi-koleksi saya disini. As always, blog pertama namanya terlalu rumit untuk didengar. lol

Anyway, inilah koleksi yang akan saya sharing. 
Foto tanpa nama ini atau tepatnya foto hasil studio foto ini seperti yang terlihat di atas, memperlihatkan seorang pemuda yang berpose dengan gagahnya untuk kamera. Sekilas dia memakai seragam biasa, tapi jangan salah. Pemuda ini tidak lain adalah prajurit KNIL. Tepatnya dia dari kesatuan komunikasi baik itu telepon-radio dan sinyal. Ini terlihat dari bet pada lengan kiri yang dia kenakan. Bet semacam petir dan bendera.
Seragam yang dia pakai disini adalah seragam KNIL yang disebut sebagai seragam Garoet. Seragam ini dimulai pemakaiannya menjelang Perang Dunia I dan berakhir saat Jepang datang pada tahun 1942. Seragam Garoet terbagi menjadi 4 jenis. Yaitu Europeesche Garoet, Garoet A, Garoet B, dan varian terakhir Garoet C. Perbedaan di antara kesemua seragam tersebut terlihat dari bahan yang digunakan, model kantong seragam, dan lain sebagainya. Untuk prajurit tak bernama di atas, dia memakai seragam Garoet C, yang dimulai pemakaiannya pada tahun 1938. 
Seragam Garoet C.
Sumber: Marktplaats

Usia: Tidak diketahui tepatnya kapan dia berfoto tapi terlihat dari seragam, foto ini diambil dalam kurun waktu 1938 - 1942.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar