Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Selasa, 23 Desember 2014

Utomo Ramelan part I

Koleksi berikutnya yang saya perlihatkan berikutnya mungkin merupakan sesuatu yang baru bagi kita-kita semua. Karena foto yang saya dapatkan ini memperlihatkan Utomo Ramelan.
Siapakah Utomo Ramelan ini? Utomo Ramelan adalah sosok yang masih misterius bagi masyarakat awam. Dia sendiri adalah walikota Solo dari tahun 1958 hingga pecahnya kejadian G30S pada tahun 1965. Utomo Ramelan sendiri adalah satu dari 5 bersaudara keluarga Ramelan yang terpandang. Beberapa saudaranya adalah Utoyo Ramelan yang menjadi diplomat dan Utami Ramelan yang menjadi istri KSAU Suryadi Suryadarma. Utomo Ramelan awalnya adalah guru namun masuk politik dan bergabung dengan PKI. Pada akhirnya pada tahun 1958, dia terpilih menjadi walikota Solo. Namun karirnya terhenti saat terjadi kejadian pada tahun 1965 dan dia pada akhirnya dihukum mati.
Kata ayah saya, di balaikota Solo tidak pernah ada jejak foto dari Utomo Ramelan. Bahkan seingat saya, pada buku biografi kota Surakarta pada terbitan akhir orde baru atau awal reformasi, pada bagian biografi singkat walikota-walikota Solo tidak ada pula foto tentang Utomo Ramelan. Bahkan kata ayah saya pula, nisan Utomo Ramelan tidak bernama, meskipun begitu saya belum bisa mengkonfirmasi informasi tersebut. 
Sebelum mendapatkan foto-foto ini, satu-satunya foto Utomo Ramelan seperti dibawah ini beserta situs yang memuatnya.
Utomo Ramelan

*Update 24 Desember 2015:
Bagi anda yang masih ragu atau skeptis dengan contoh gambar Utomo Ramelan diatas, atau yang nantinya berakibat dengan ragu-nya anda dengan foto saya, berikut gambar Utomo Ramelan yang diambil dari sisi berbeda:
Berikut gambar Utomo Ramelan di tahun yang sama saat dia dilantik menjadi Walikota Surakarta.
Maaf jika gambarnya kecil. Berhubung bukan saya pemilik gambar ini melainkan teman saya, maka saya harus menuruti persyaratan dari dia. Jika anda menanyakan sumber gambar ini, hubungi saya melalui e-mail ... yknow persyaratan yang sama juga lol

Saat saya berada di pasar antik, saya melihat sebuah album foto lama. Album yang sudah tidak lengkap itu bertuliskan acara perpisahan Komandan KODIM 635 Solo pada tahun 1963 dan salah satu tulisannya juga adalah tentang pertemuan di balaikota Solo.


Maka saat saya melihat tokoh dibawah ini, saya langsung curiga karena tokoh ini termasuk yang sering dijadikan obyek foto. Selanjutnya saya langsung mengecek foto Utomo Ramelan di atas dan saya langsung kaget. Karena foto-foto dalam album tersebut adalah Utomo Ramelan sendiri. Dan berikut 3 foto Utomo Ramelan:
Utomo Ramelan berpidato pada acara yang mungkin dihadiri oleh "Keluarga Sriwedari Balekambang" dari Kopra (korps perwira?) SKA (Surakarta)
Berbicara dengan seorang letnan kolonel. Apakah mungkin komandan militer Solo yang baru? Ataukah yang lama?

Foto paling besar seukuran postcard yang ditempel pada halaman album hampir paling depan. Utomo Ramelan bernyanyi bersama beberapa di antaranya tokoh Tiong Hoa. Uniknya background yang dipakai pada acara itu, terdapat gambar gerbang lapangan Tiananmen. Apakah mungkin acara saat ulang tahun baru Cina? Atau mungkin ada hubungannya dengan kepartaian?

Foto dicetak pada kertas foto "Agfa Brovira" dari Jerman. Logo tersebut mengindikasikan, kertas foto ini dibuat mulai akhir dekade 1950an 

Foto dicetak di photo studio "Lees" di jalan Jendral Urip Sumoharjo no 88 Solo

Usia: dibuat medio 1963

Part II of the photos.

2 komentar:

  1. Menarik sekali. Tetapi ada sedikit koreksi, saudarinya Utomo Ramelan itu Utami (bukan utari) Ramelan. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.
      Dan terima kasih atas koreksinya. :)

      Hapus