Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Selasa, 05 April 2016

Happy Birthday ! - Cakrabirawa


Untuk post Happy Birthday kali ini, mungkin yang paling unik dan kontroversial karena ini tentang Resimen Cakrabirawa.
Emblem Resimen Cakrabirawa
Sumber
Bagi orang Indonesia, terutama generasi kelahiran tahun 1990-an kebawah, sudah pasti mengenal pasukan ini. Karena pasukan yang kontroversial ini adalah pasukan pengawal pada masa Presiden Sukarno. Cakrabirawa (atau dalam ejaan Indonesia lama "Tjakrabirawa) dibentuk pada ulang tahun Sukarno pada 6 Juni 1962. Para anggotanya diambil dari anggota terbaik 4 angkatan perang yaitu Angkatan Darat, Udara, Laut, dan Kepolisian. Masing-masing angkatan tersebut sebanyak 1 batalion yang dipimpin oleh Mohammad Sabur. Pasukan ini sayangnya lebih dikenal dalam penculikan para petinggi Angkatan Darat pada 30 September 1965. Cakrabirawa nantinya dibubarkan pada tanggal 28 Maret 1966.






Setelah penjelasan singkat diatas, mari kita lihat arsip yang tanggalnya bertepatan dengan tanggal 5 April alias hari ini:

Tepat 50 tahun lalu, dibuat arsip diatas. Melihat dari tanggal  arsip semata, anda mungkin sudah bisa menebak surat ini? Jika belum, arsip ini adalah surat penarikan kembali para anggota Cakrabirawa dari bagian perhubungan. Arsip yang ditandatangani oleh Wakil Direktur Perhubungan Angkatan Darat Letnan Kolonel Soerjadi memerintahkan pengembalian para anggota perhubungan Cakrabirawa ke kesatuan masing-masing.

Seperti yang anda lihat terdapat 69 orang anggota Cakrabirawa yang dikembalikan. Kesatuan asal mereka juga bermacam-macam, dari Divisi Siliwangi, Diponegoro, hingga Brawijaya. Tidak diketahui jika ke-69 orang diatas adalah keseluruhan anggota perhubungan Cakrabirawa.
Jika anda masih penasaran, apakah saya masih mempunyai arsip Cakrabirawa lainnya, maka arsip berikut bisa memuaskan anda. Sebelum saya memperlihatkan arsip kedua, sebenarnya arsip diatas adalah bagian dari arsip yang dimiliki oleh seorang anggota Cakrabirawa yang namanya masuk dalam 69 anggota diatas. Dan berikut arsip Cakrabirawa lainnya:

Prada Wamil  (Prajurit Dua Wajib Militer) Sabar yang dulunya memiliki arsip ini. Dulunya dia menjadi anggota Direktorat Perhubungan Departemen Angkatan Darat dan dipindah menjadi anggota Detasemen Perhubungan Resimen Cakrabirawa pada 1 Mei 1963. Namun surat keputusan diatas dibuat pada tanggal 13 Juli 1963.
Arsip diatas bisa dianggap istimewa karena selain mempunyai kop surat lengkap dengan lambang Resimen Cakrabirawa, surat juga distempel dan ditandatangani oleh salah satu petinggi Cakrabirawa yaitu Marokeh Santoso. Seperti yang kita ketahui, nantinya pada tahun 1966, Sabar dikembalikan ke kesatuan. Dan sayangnya kita tidak akan mengetahui nasib Sabar berikutnya kecuali saat itu dia berpangkat sebagai Praka alias Prajurit Kepala. 

*Update 6 April 2016:
Saya baru saja menemukan piagam penghargaan Satyalancana Kesetiaan 8 tahun atas nama Sabar dari kesatuan yang sama, namun dengan nomor register yang berbeda. Piagam terlihat diberikan pada tahun 1976 dan saat itu Sabar disini berpangkat Koptu atau Kopral Satu. 

Sedangkan koleksi lainnya adalah folder tempat piagam si Sabar. Pada muka folder terdapat tulisan "SEKEP Pensiun H. SABAR. HS 22 - 5 - 1989". "SEKEP" disini mungkin akronim dari surat keputusan pensiun.

Apakah mungkin Sabar disini orang yang sama dengan Sabar yang bekas Cakrabirawa? Ada kemungkinannya ...


Usia: 1963 - 1966

Tidak ada komentar:

Posting Komentar