Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Jumat, 01 April 2016

TNI Ribbon Bar 1

Untuk mengawali bulan April ini, mari kita mengenang kembali salah satu koleksi lama saya ...
Pertama kali muncul di post lama ini, saya selalu mempersiapkan untuk menjelaskan ribbon bar (palang pita medali) ini. Namun tidak kesampaian karena baik lupa ataupun malas. hehehe
Ribbon bar ini merupakan salah satu koleksi favorit saya, karena ini koleksi ribbon bar pertama. Pita-pita medali disini terdiri dari:
  1. Bintang Gerilya, Medali Sewindu APRI, 
  2. Satyalencana Prajurit Setia XVI tahun, Satyalencana Perang Kemerdekaan I, Satyalencana Perang Kemerdekaan II, 
  3. Satyalencana GOM I, Satyalencana GOM III, Satyalencana Sapta Marga. 
Disimpulkan sang pemilik dulunya anggota TNI yang sudah bergabung sejak tahun 1945, berpartisipasi dalam Revolusi Kemerdekaan termasuk ikut serta memberantas PKI Madiun 1947. Pada periode tersebut, kemungkinan dia berada di garis depan. Setelah pengakuan kedaulatan, ikut dalam pemberantasan RMS atau Republik Maluku Selatan dan akhirnya terakhir melawan pemberontakan PRRI / Permesta pada tahun 1958.
Melihat banyaknya medali yang dia terima dan termasuk lama pengabdian dia yaitu 16 tahun berdinas sejak tahun 1945, ada kemungkinan pemilik lama ribbon bar ini adalah seorang perwira. Mungkin setingkat mayor atau kolonel pada saat ribbon bar ini pertama kali diberikan, yaitu pada tahun 1961 (1945 + 16 = 1961).


Usia: dibuat pada tahun 1961. Ada kemungkinan lebih dari tahun tersebut jika perwira ini tidak ikut dalam Operasi Trikora.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar