Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Senin, 27 November 2017

Wij Strijden Met De Teekenstift - Het Glansnummer

Kembali lagi di front Yunani di wij strijden met de teekenstift.
Kali ini kita akan melihat kegigihan pasukan Yunani terhadap pasukan Italia. Setelah dijelaskan pada post sebelumnya, bahwa invasi pasukan Italia tertahan bahkan mereka dihantam pada serangan udara di Taranto. Situasi berikutnya untuk Italia tetap tidak bagus, bahkan sangat mencekam. Setelah Elaia - Kalamas dan Pindus, giliran Yunani melakukan serangan balik. Malang bagi Italia, mereka pada akhirnya ditendang keluar dari Yunani. Bahkan pasukan Italia di Albania berhasil dikalahkan di pertempuran Morava - Ivan pada 23 November 1940 dan Korce sehari sebelumnya. Nantinya kota seperti Gjirokaster berhasil Yunani kuasai. Berakhirlah kontrol Italia dalam perang bahkan dalam Perang Dunia II sekalipun, karena setelah ini Jerman-lah yang turun tangan dan selalu mengontrol jalannya perang.
Artileri Yunani pada pertempuran Morava - Ivan.
Sumber: pinterest

Pasukan Yunani memasuki kota Korce.
Sumber

Kejayaan kecil Yunani disini diabadikan oleh Hofer dengan berdansanya seorang Yunani di titian Hitler - Mussolini bagaikan pertunjukan sirkus. Arti dari gambar ini sendiri adalah betapa cekatannya pasukan Yunani dalam menghadapi ujian pihak as. Meskipun saat itu, Jerman belum resmi berperang dengan Yunani. Sirkus yang ditampilkan oleh Yunani bagaikan hiburan oleh pihak sekutu yang saat itu memang tertekan oleh Jerman.
Sayang sirkus tersebut tidak bertahan lama. Meskipun Yunani berhasil menguasai seperempat wilayah Albania pada bulan desember 1940 bahkan pada Januari 1941 terusan Klisura yang strategis berhasil diambil alih pula, namun Perdana Menteri Metaxas meninggal pada 29 Januari 1941. Pada akhirnya April 1941, Jerman meluncurkan Unternehmen Marita. Yunani berhasil dikalahkan sang sirkus juga menghilang ...


Usia: 1941

Tidak ada komentar:

Posting Komentar