Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Rabu, 01 November 2017

Oleng dan Mabuk Laut

Berikut adalah catatan hari kedua dari pegawai Djakarta Lloyd kita. Berbeda dengan cerita pertama, kali ini kita akan menyaksikan kesaksian dia saat di kapal. Untungnya sebagai pegawai perkapalan, dia menyebut dengan lengkap perkiraan posisi dia saat dia menulis catatan hariannya. Dengan situs findlatitudeandlongitude.com , kita bisa mengetahui tiap catatannya dimanakah dia berada saat itu. Maka ... the true sea going experience start here.

Senin Pon, 633-88/49. 2 Februari 1959 D2
Tiny, kemarin malam ombak membuat kapal bergoncang akibatnya mabuk laut. Pagi hari saya sudah merasa tidak enak badan, saya langsung minum pil anti mabuk laut. Sejak saat itu, badan rasanya lebih enak. Tadi malam kami sudah berada di Samudera Atlantik. Para penumpang pada saling berkenalan, berbicara macam - macam, saling bertanya.
Menurut perhitungan, jam 12 siang kami sudah di Lintang Utara 40 dan Bujur Barat 67.46, dari New York sudah sejauh 298 mil.
 Semakin malam, ombak semakin tidak karuan. Sebenarnya tidak bisa dikatakan besar, tapi lambat, panjang dan dari belakang yang menyebabkan kapal oleng. Miring hingga kira - kira 30 derajat. Semakin malam kabut datang ditambah dengan hujan salju. Akibatnya makan kesusahan, lha kalau tidak pegangan kursi bisa bergeser sendiri. Gelas dan sendok serta lain - lainnya kalau tidak dijaga juga ikut bergeser.Miringnya kapal semakin parah saat kami akan tidur. Dimana - mana, barang - barang pada bergeser. Saling berbenturan dan berisik. Koper - koperku di kamar juga ikut bergeser, kursi jungkir balik. Saya bangun tapi tiba - tiba kapal oleng. Kaki kursi yang teracung jadi kutabrak, rasanya sakit sekali sampai meringis. Tidur tidak enak, sebentar saja tidur nyenyak namun bangun kembali tiap kali ada suara barang bergeser entah di kamar orang lain ataupun kamar sendiri. Belum lagi, badan bisa jatuh dari kasur karena kapal oleng.
Pagi ini bangun kesiangan, saya jam 9 baru turun untuk sarapan di kamar makan. Di sana sepi hanya ada 2 orang, jadinya 3 ditambah diri saya. Penumpang lainnya ada di dalam kamar.
Ombak dan udara pagi masih sama dengan tadi malam. Anginnya besar, salju masuk secara horizontal. Di salon, kursi yang ditumpuk di pinggir bergeser karenanya. Tapi semakin lama, awan mendung tiba - tiba hilang dan sinar matahari muncul. Arus berganti, sekarang bersamaan dengan lajunya kapal. Suhu tidak terlalu dingin.
Hari ini posisi kapal 39.10 Bujur Barat 60.09, sejak 24 jam yang lalu perjalanan sudah dilalui sejauh 396 mil.


Usia: 1959

Tidak ada komentar:

Posting Komentar