Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Kamis, 30 November 2017

Wij Strijden Met De Teekenstift - Churchill Is Jarig ....

Happy birthday! Ucapan ini bukan untuk post happy birthday yang terkadang saya tampilkan. Namun kepada seorang pemimpin sekutu yang berulang tahun dan diangkat oleh Hofer di wij strijden met de teekenstift-nya. 
Winston Leonard-Spencer Churchill, adalah tokoh sekutu yang digambar oleh Hofer kali ini. Karikatur propaganda ini dimuat di bataviaasch nieuwsblad bertepatan dengan ulang tahun Perdana Menteri Inggris tersebut. Dalam merayakannya, Hofer mengambil tema yang cocok untuk Churchill yang ada hubungannya dengan perang yang berkecamuk saat itu. Yaitu bagaimana Churchill bisa bertahan dalam serangan Jerman Nazi yang dipimpin oleh Hitler melalui perang udara.
Sumber
Dalam karikaturnya ini, Hofer menggambar Churchill sedang merayakan ulang tahunnya. Di meja terdapat kue tart yang dihiasi dengan lilin berbentuk pesawat. Di saat yang sama Churchill yang sedang duduk dan memegang cerutu kesayangannya sedang meniup salah satu lilin pesawat tadi. Alhasil Hitler terkena lilin tersebut hingga terjerembab jatuh. Selain itu pula, Hofer menggambar Churchill dengan angka "66" dan Hitler dengan angka "666 't beest". Terdapat tulisan "Lang zal hij leven in de gloria" dan "voor onze jarige van vriendjes uit ned. indie".
Arti dari semua gambar ini adalah yang pertama Churchill saat itu berusia 66 tahun alhasil Hofer menulis angka "66". Sedangkan angka "666 't beest" pada Hitler adalah angka setan 666 alhasil Hitler tidak berbeda dengan setan di mata Hofer. Roti tart dan berlilin pesawat yang ditiup oleh Churchill adalah tidak lain bantuan pesawat terbang Supermarine Spitfire dari Hindia Belanda kepada Churchill. Lho bukannya pesawat terkenal tersebut buatan Inggris? Memang benar, namun maksud bantuan disini adalah pesawat terbang dibuat dari bantuan keuangan masyarakat Hindia Belanda. Hofer juga sekali lagi pintar bermain bahasa, terbukti dari pemakaian kata Spitfire. Hofer memanfaatkan kata "spit" yang berarti meludah. Memang pada gambarnya, Churchill terkesan meludah daripada meniup lilin.
Orang Hindia Belanda seperti Hofer juga sangat menghargai Churchill dengan ucapan "Semoga dia jaya selamanya" dan "Untuk ulang tahun teman kita dari Hindia Belanda". Kejayaan disini berarti Spitfire sumbangan dari Hindia Belanda berhasil membantu Churchill dalam memenangkan Battle of Britain melawan Hitler. Berikutnya orang Hindia Belanda berharap Churchill bisa mengalahkan Hitler dan membebaskan Belanda dari jajahan Jerman.
Asal usul dari gambar Hofer ini juga adalah pemberian hadiah 9 Spitfire dari suami Ratu Wilhelmina yaitu Pangeran Bernhard kepada Churchill saat gambar ini dimuat.  Namun media di Inggris yaitu London Times tanggal 30 November 1940 menyebut, Belanda mengirimkan 35.000 poundsterling kepada Churchill sebagai hadiah berupa 7 buah Spitfire. Melalui Spitfire inilah Hindia Belanda bisa menyumbangkan peran mereka untuk membebaskan Belanda dari Jerman. Dari Spitfire ini pula nasionalisme masyarakat Hindia Belanda muncul meskipun pada akhirnya tujuan ini tidak seluruhnya tercapai karena invasi Jepang ...


Usia: 1941
PS: Untuk post tanggal 10 Desember saya akan membahas tentang Spitfire ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar