Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Senin, 20 November 2017

Wij Strijden Met De Teekenstift - En Mussolini Besloot Zijn Redevoering Met:

Benvenuto a wij strijden met de teekenstift. Kita kembali lagi dengan Hofer dan sekali lagi membahas tentang petualangan Italia. Setelah dari Mesir di post sebelumnya, sekarang kita tertuju pada Yunani. 
Saat itu sebelum menunggu kejelasan dari invasi ke Mesir yang tidak jelas juntrungnya, Mussolini memutuskan untuk berperang melawan Yunani pada 28 Oktober 1940.
Motif invasi ke Yunani sebenarnya tidak terlepas dari ambisi teritorial Mussolini. Keputusan serbuan - pun dipicu dengan dimasukinya Rumania oleh pasukan Jerman. Serbuan yang tidak diberitahukan dulu sebelumnya, diterjemahkan sebagai intervensi area pengaruh Italia. Meskipun begitu, Italia sudah terlebih dahulu memulai melaksanakan operasi militer anti Yunani beberapa bulan sebelumnya. Maka saat pasukan Jerman memasuki Rumania untuk mengamankan ladang minyak Ploesti, Mussolini mempercepat invasi.
Tujuan invasi Italia adalah membentuk pemerintahan boneka. Melalui mereka, nantinya Italia akan menganeksasi sebagian wilayah Yunani. Sebagai kompensasi saat perang usai, Italia akan mengijinkan Yunani untuk menginvasi Siprus yang saat itu menjadi bagian dari Inggris.Setelah Yunani menolak mengijinkan pasukan Italia menguasai beberapa titik strategis di dalam wilayah Yunani, pecahlah perang.
Saat perang dimulai, pasukan Italia menginvasi dari wilayahnya mereka di Albania. Namun sama seperti halnya kolega mereka di Afrika Utara, pasukan Italia mulai mengalami hambatan di Elaia - Kalamas dan Pindus. Setelah itu, pasukan Yunani menyerang balik dan nasib Italia di Mediterania ditentukan disini ...
Serdadu Yunani di atas tank ringan CV-33 milik Italia di pertempuran Elaia-Kalamas.
Sumber

Seorang tentara Italia memperlihatkan helmnya yang penyok karena terkena peluru.
Sumber

Hofer menggambar karyanya dengan Mussolini sebagai bintang tamunya. Digambarkan dia mengalami kelongsoran karena ditendang oleh orang Italia. Uniknya Hofer menggambar orang Yunani dengan pakaian nasionalnya yaitu fustanella.
Sumber

Sebuah hal yang menarik adalah bersamaan dengan Mussolini jatuh, terlihat pula sebuah batu bertuliskan Taranto. Taranto disini adalah pertempuran Taranto yang terjadi pada 11 - 12 November 1940. Pada pertempuran tersebut, armada Inggris berhasil merusak armada laut Italia.
Pertempuran yang memberi pengaruh kepada perwira Jepang di serangan Peral Harbour kelak.
Sumber

Sebuah ironi bahwa perang antara Italia dengan Yunani bisa pecah. Ini dikarenakan Yunani sebenarnya mempunyai hubungan baik dengan Jerman. Meski tidak fasis namun Perdana Menteri Yunani yaitu Ioannis Metaxas cenderung mendukung teori fasisme yang dipaparkan oleh Mussolini sendiri. Bahkan pemerintahannya cenderung fasis. Penuh dengan kesialan dan kemalangan memang disini. Yah seperti yang dituliskan Hofer pada karyanya ini, Italia tidak akan berhenti sejak memulai perang. Memang ... tidak akan berhenti mengalami kemalangan ...


Usia: 1941

Tidak ada komentar:

Posting Komentar