Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Kamis, 17 Desember 2015

Hoogedelgestrengen - Indisch Brievenboek

"Buslit lerehipun Kangjeng Pangeran 
Haryo Suryaningrat anggenipun

dados litnan kolonel"
Hampir satu dekade lalu, saat saya masih mengerjakan skripsi di Arsip Kadipaten Pakualaman Yogyakarta, saya sering menemui kalimat Hoogedelgestrengen pada setiap muka amplop korespondensi. Baik ditujukan kepada Residen Yogyakarta dari Pakualaman atau sebaliknya. Saat itu saya bingung dan bertanya-tanya, apa maksud dan arti kalimat tersebut. Saya juga mengalami kebingungan saat akan menerjemahkannya, saya akhirnya mengambil kesimpulan bahwa kalimat Belanda tersebut hanyalah semacam titel atau gelar. Misteri kecil tersebut akhirnya terjawab sudah pada sebulan yang lalu, saat saya mendapatkan buku ini. 

Indisch Brievenboek terbitan N.V. Maatschapppij Vorkink dari Bandung.
Buku yang merupakan cetakan ketujuh dan sayangnya tidak bertahun ini banyak menampilkan contoh-contoh surat menyurat yang baik. Dari yang resmi hingga yang bersifat pribadi.
Kembali ke Hoogedelgestrengen, menurut buku ini, kalimat tersebut dan beberapa contoh kalimat lainnya ditujukan kepada sang penerima surat. Kalimat tersebut dipakai jika sang penerima surat adalah seorang yang sangat dihormati atau mempunyai jabatan tinggi. Berikut terdapat 11 macam contoh tulisan amplop surat pada jaman Belanda yang benar:
Model A: 
Den Heeren DE LANGE & Co.
Model B: 
N.V. MIJ. VORKINK.

(Kedua model tersebut digunakan kepada sebuah badan usaha).


Model C: 
WelEdelgeboren Heer 
                          Den Heere P. BLEEKER, 
                                                               Planter.

(Ini digunakan kepada pribadi seseorang).


Model D: 
Aan den WelEdelgestrengen Heer J. KUIJK 
                                    Eerste Luitenant der Art.

(Kalimat yang sama dengan yang saya temukan ini ditujukan kepada seorang perwira militer hingga pangkat kapitein / kapten).

Model E: 
Hoogedelgestrengen Heer 
                  Den Heere A. Dalfsen, 
                                        Kolonel Infanterie.

(Nah inilah jawaban dari misteri yang hinggap pada saya selama hampir 1 dekade ini. Kalimat tersebut ditujukan kepada perwira militer tinggi. Dari Mayor hingga Jenderal).

Model F: 
                   Aan 
ZIJNE EXCELLENTIE 
DEN GOUVERNEUR-GENERAAL VAN 
NEDERLANDSCHE-INDIE.

(Ini bisa dianggap paling spesial karena ini ditujukan kepada hierarki tinggi pemerintahan seperti Gubernur Jenderal Hindia Belanda, para menteri, Komandan Tertinggi KNIL, dan lain-lain).

Model G:
Den Hoogwelgeboren Heer 
               A. J. Baron VAN VOORTHUIJSEN.

(Ini juga spesial karena ditujukan kepada para ningrat).

Model H: 
Den Hoogedelgestrengen Heer 
                      Den Heere P. ZUIDHOFF, 
                                                Gep. Resident.

(Seperti halnya untuk perwira tinggi, Hoogedelgestrengen juga ditujukan kepada Residen).

Model I:
Den Weledelzeergeleerden Heer 
                                       Dr. A. F. OOSTHOUT.

(Anda melihat gelar yang dituju? Benar sekali, yang ini ditujukan kepada para dokter).

Model J:
                       Aan 
den Weleerwaarden Heer 
                     Den Heere P. DE VOGEL.

(Untuk yang ini ditujukan kepada para pendeta dan pastur).

Model K: 
Aangetekend 
                         Den Heeren REIS & CO. 
                                                       Handelaren. 
   Afzender: 
W.F. DE HEER.

(Model ini menandakan tidak ada nilai mata uang tertentu pada surat yang dikirim. Pada pojok kiri bawah terdapat tanda tangan pengirim).

Setelah melihat contoh-contoh diatas, mungkin anda masih bertanya-tanya, bagaimana bentuk tulisan surat kepada hierarki militer lainnya yang tidak tercakup pada buku? Dibawah ini ada beberapa jawabannya meskipun bukan dari buku Indisch Brievenboek:
Untuk pangkat adjudant onderofficier atau pangkat calon perwira, menggunakan metode yang sama dengan perwira dibawah pangkat majoor. Yaitu WelEdelgestrengen, disitu anda juga bisa melihat bagaimana singkatan yang dipakai serupa dengan contoh surat diatas. Meskipun meninggalkan kata gestrengen.
Aan den WelEd: Heer
P. L. Loos
Adjudant onderofficier instructeur no 65011
Garnizoen Bataljon der z/o Afdeeling van Borneo detachement te
Poeroek Tjahoe
------
Adj. Ond. off. Instr.
Garn. Bat: der 4e Afd. van Borneo
Detachement te
Poeroek Tjahoe

Contoh draft yang unik saya kira, karena kita bisa melihat nomor induk pasukan KNIL. Jika kita merunut bahwa pangkat adjudant onderofficier adalah pangkat perwira, maka nomor 65011 adalah nomor yang sudah besar sekali. Wajar jika kita mengasumsikan bahwa penomoran dimulai saat KNIL resmi berdiri pada era 1830-an, dan draft ini dibuat pada agenda bertahun 1930-an.
Sekedar tambahan informasi, kota Poeroek Tjahoe atau Puruk Cahu disini adalah sebuah kota di Kalimantan Tengah. Pada masa Perang Dunia II, kota tersebut sempat menjadi tempat evakuasi Gubernur B.J. Haga saat Jepang menginvasi Kalimantan.
Dibawah ini juga terdapat saksi bisu garnisun pasukan KNIL pada kota tersebut
Sumber

Bagaimana dengan pangkat prajurit? Dibawah ini meskipun bukan dalam bentuk surat dan dalam bahasa Indonesia ejaan van Ophuijsen, namun bukti pembayaran ini dapat memperlihatkan sedikit informasi.
Kita bisa melihat bahwa nota ini ditujukan kepada Toean Sergeant Arisman atau Tuan Sersan Arisman. Dapat disimpulkan bahwa untuk surat menyurat, perpangkatan tetap dipakai namun tidak menggunakan titel untuk perwira.
Sedikit informasi pula, Sergeant Arisman disini adalah seorang prajurit Legiun Mangkunegara

Setelah semua informasi ini dan kembali kepada buku, seperti yang diterangkan diatas buku ini tidak bertahun. Karena angka tahun terbit telah robek namun ada satu halaman yang bisa membantu kita menentukan usia buku ini.

Halaman yang menunjukkan tarif biaya pos dan paket ini tertanggal 1 Februari 1921. Bukti tahun ini juga ditambah dengan semua contoh surat yang bertahun 1920 menandakan bahwa buku ini dibuat pada kisaran tahun 1920-21.
Akhir kata, buku ini merupakan berkah kecil bagi saya pribadi. Karena informasi pada buku ini berhasil memberi jawaban untuk misteri sejarah yang menyelimuti saya selama ini. Dan mungkin saja, informasi ini dapat membantu anda semua mengerti sedikit tentang surat menyurat pada masa kolonial Belanda.


Usia: 1920 - 1921

Update 12 Januari 2016:
Sekedar tambahan informasi mengenai perposan Hindia Belanda, berikut adalah jadwal pengambilan pos dari brieven bus atau bis surat pada tahun 1936:

Pertama-tama jika anda bertanya-tanya apa itu bis surat, gambar dibawah ini bisa menyegarkan ingatan anda:
Sumber

Sumber
Seperti yang anda lihat, bis surat adalah kotak pos. Dan kembali kepada jadwal brieven bus, meskipun berlaku di kota Surabaya dan mungkin berbeda dengan kota lainnya, paling tidak kita bisa mendapatkan sedikit informasi tentang pengambilan surat. Pada kertas tersebut kita dapat melihat ada 4 jadwal pengambilan dalam satu hari. Yaitu jam 10 pagi, 12 siang, 6 sore, dan 00:30 dini hari. Namun jadwal tersebut hanya berlaku pada hari biasa atau hari kerja. Sedangkan untuk hari minggu atau hari libur, pengambilan hanya dilakukan pada pukul 00:30 dini hari. Hebatnya lagi, anda melihat ada kemungkinan bahwa ada orang yang mengeposkan surat pada dini hari. Jika surat diposkan lebih dari pukul 00:30 dini hari dan jika ingin secepatnya dikirim, maka jawatan pos menyarankan agar surat langsung diposkan di brieven bus kantor pos pusat Surabaya di Regenstraat (sekarang jalan kebon rojo). Untuk brieven bus di kantor pos tersebut diambil pada pukul 04:10 pagi.  



Dan tidak terasa sudah setahun blog ini berjalan dan uniknya post ini adalah post ke-100. Selain itu pula hampir 5000 pageviews dengan pengunjung dari negara-negara selain Indonesia seperti Amerika, Jerman, Rusia, India, Belanda, Korea Selatan, Arab Saudi, Inggris, dan Ukraina 
hingga detik ini yang mengunjungi blog ini Negara-negara tersebut adalah urutan 10 besar pengunjung blog ini. Saya kira untuk standar blog koleksi, angka tersebut seperti salah satu karakter video game terkenal katakan 
 http://metalgear.wikia.com/wiki/Revolver_Ocelot

Terima kasih untuk semuanya! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar