Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Minggu, 17 September 2017

Kancing Pemerintahan Hindia Belanda Rijksoverheidknoppen

Kita tiba di koleksi keempat kancing saya. Kancing yang kemungkinan besar dipakai oleh jajaran kepolisian Hindia Belanda. Kenapa saya masih memakai kata "mungkin" disini, karena bukti yang ada sangatlah minim.
Berdasarkan informasi yang saya terima dari Koos Allemany, kancing ini digunakan oleh hierarki Rijksoverheid. Rijksoverheid yang berarti harfiah "pemerintahan" ini bisa mencakup segala bidang. Dari pendidikan, pengadilan, hingga kepolisian. Untuk kepolisian Hindia Belanda, kancing ini terlihat digunakan pada jas toetoep. Seperti halnya ambstknoopen, sebenarnya ada bukti di situs KITLV. Pada situs tersebut jika kita mengetik nama "C.L.J. van Ham", kita akan melihat seorang Komisaris Polisi kota Yogyakarta. Pada foto terlihat dia memakai jas toetoep lengkap dengan tanda pangkat politie. Selain memakai miniatur medal bar, van Ham juga memakai kancing yang mempunyai motif yang sama dengan kancing yang saya punya. Motif ini adalah bagian dari coat of arms Belanda.
Sumber

Coat of arms Belanda terutama bagian perisai dan mahkota terlihat dipakai oleh hierarki politie Hindia Belanda, seperti yang pernah saya singgung disini. Selain di Hindia Belanda, lambang tersebut juga dipakai oleh polisi di negeri Belanda pula.
Sumber


Kancing yang saya miliki saat ini masih dari buatan satu pabrik yaitu:
Cordesius & Zoon Batavia

Kancing buatan lokal Hindia Belanda ini kualitasnya serupa dengan leeuwenknoppen. Kurang tajam dalam detail singa. Mungkin Cordesius hanya bagus dalam membuat barang ukuran besar?
Kancing ini sendiri mungkin dipakai sama dengan leeuwenknoppen yaitu untuk groot tenue atau uitgaans tenue untuk seragam garoet politie. Serupa dengan kancing artileri KNIL, terdapat 2 jenis kancing. Kancing besar dulunya untuk kancing pada muka seragam. Sedangkan kancing yang lebih kecil kemungkinan dipasang untuk di bagian epolet atau pada saku.
Sumber

Pada masanya kancing sempat dijual bebas oleh Firma Bospana (Bouman & Spanjaard) dari Amsterdam. Untuk kancing besar dipatok harga f. 0,90 selusin dan f. 9 segross untuk sepuh perunggu. Untuk kancing ukuran kecil dijual dengan harga f. 0,60 selusin dan f. 6 segross untuk sepuh perunggu pula.

Jika menilik dari daftar harga diatas, ada kemungkinan kancing Rijksoverheidknoppen mempunyai warna resmi perunggu bukannya perak ataupun emas.
Meskipun begitu dengan kurangnya sumber, kancing ini tetap misterius dibandingkan 3 kancing yang saya miliki terdahulu. Jadi kalau anda bertanya lebih lanjut ke saya tentang kancing ini, maka reaksi saya adalah ...
too many hillary lately ...


Usia: < 1942

Tidak ada komentar:

Posting Komentar