Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Minggu, 19 Maret 2017

Wij Strijden Met De Teekenstift - Roosje

Rose are red, violet are blue. Hofer's are not dead, and i'm waiting for you. Ehem maaf untuk basa - basi mawar disini. Tapi ini memang ada hubungannya dengan gambar Hofer dalam Wij Strijden Met de Teekenstift untuk hari ini. 
Karya Hofer disini tidak lain adalah kelanjutan dari gambar sebelumnya yang menggambarkan Presiden Amerika yaitu Franklin Delano Roosevelt sebagai seorang koboi. Kali ini Hofer secara kreatif memperlihatkan efek dari kebijakan Lend and Lease yang baru saja sudah ditetapkan secara resmi. Sekali lagi Hofer memamerkan kemampuan dia untuk mempermainkan kata. Setelah permainan kata dalam propaganda dia melawan Prancis Vichy, dia kali ini menuangkan idenya dalam gambar ini.
Hofer memanfaatkan nama Roosevelt disini. Roosevelt diucapkan oleh orang Belanda adalah "roosyevelt" dan kata "roosye" mirip dengan pengucapan "roosje" yaitu mawar dalam bahasa Belanda. Alhasil jadilah permainan kata Hofer disini. Sebuah mawar Amerika yang menancapkan duri Lend and Lease-nya di genggaman tangan "As" (poros).


Usia: 1941

Tidak ada komentar:

Posting Komentar