Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Senin, 26 Desember 2016

Pengumuman - Wij Strijden Met De Teekenstift bij Kick Hofer


Saya umumkan bahwa saya baru - baru ini mendapatkan sebuah koleksi yang sangat istimewa.
Wij Strijden Met De Teekenstift atau "Perang Kita Dengan Pensil" adalah judul dari koleksi saya ini. Koleksi yang berupa bundel ilustrasi ini adalah kompilasi karya seorang kartunis Belanda bernama Hofer. Karya yang dimaksudkan disini adalah karikatur, alegori, dan propaganda yang dimuat di koran Bataviasch Nieuwsblad yang berdomisili di Batavia (Jakarta). Pemuatan sendiri dimulai dari medio tahun 1940 dan 1941. 

Untuk karyanya dia sendiri disini terdapat 50 buah gambar yang lengkap dengan tanggal pemuatan dan istimewanya berupa dwi bahasa. Untuk karyanya disini, dia menyinggung tokoh - tokoh perang dunia saat itu. Dari Hitler, Mussolini, Roosevelt, hingga Stalin. Kembali ke bahasa, sangat unik memang terdapat bahasa Inggris disini, seakan munculnya bundel ini juga diperuntukkan kepada orang - orang asing non Belanda. Lebih uniknya lagi, ada kemungkinan bundel ini sempat dijadikan koleksi sebuah perpustakaan. Ini terbukti dari angka yang tertulis pada kover bundel.
42/d. na/2

Angka "42" diatas kemungkinan adalah tahun 1942 dimana buku ini mulai disimpan. Sangat riskan memang jika bundel ini diketahui oleh pihak Jepang saat mereka mulai mengokupasi Indonesia. Karena beberapa karya Hofer disini termasuk menghina Jepang. Maka tidak heran buku ini disembunyikan dan akibatnya kondisi buku menjadi tidak sempurna lagi seperti yang terlihat pada kover dan beberapa gambar lainnya.
Namun dengan kondisi yang seperti, tidak mengubah keunikan dan keindahan hasil karya Hofer disini. Maka saya ambil keputusan untuk meng-upload tiap karya Hofer sesuai dengan tanggal pemuatan karyanya. Ya, ini akan makan waktu yang lama dan semoga saya bisa kuat mengikutinya. hehehe
Kover Yang Sebenarnya
Sumber

Sekedar tambahan saja, buku tersebut di atas adalah jilid kedua. Hofer sempat mengeluarkan buku dengan judul yang sama namun dengan tahun yang berbeda yaitu 1939 - 1940.
Buku Edisi Pertama
Sumber

Kembali ke koleksi yang saya dapat, berikut adalah karya Hofer yang pertama.

Seorang wanita dengan lambang Belanda yang dirantai dan membawa swastika Nazi. Artinya disini adalah alegori pendudukan Nazi Jerman di Belanda. Sayang tidak diketahui kapan Hofer membuat alegori ini, namun yang pasti alegori ini terdapat pada halaman pertama.
Tentang wanita di atas, dari gaya rambut seakan dia tokoh yang sama dengan alegori Belanda ini.
Sumber

Sungguh ironis memang, jika Hofer memakai tokoh alegori yang sama disini.
Jika anda penasaran dengan tokoh alegori Hindia Belanda saat itu, berikut contohnya.
Sumber

Kembali lagi ke Hofer, jujur saja saya masih belum menemukan siapa sebenarnya dia disini. Hanya ada informasi bahwa nama panggilannya adalah "Kick" Hofer dan dia selamat dari Perang Dunia II. Bahkan dia sempat menyumbangkan keahlian gambarnya pula pada buku Vrouwenkamp op Java pada tahun 1946. Kapan dia lahir ataupun meninggal, masih merupakan misteri. But still ... welkom meneer Hofer. Uw kunst zal worden aan de wereld getoond!


Usia: 1941 - 1942

Tidak ada komentar:

Posting Komentar