Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Minggu, 16 Juli 2017

Wij Strijden Met De Teekenstift - Ijsland

Halo, kembali di Wij Strijden Met de Teekenstift karya "Kick" Hofer. Berpaling dari invasi Jerman ke Uni Soviet, kali ini kita akan melihat Islandia.
Islandia pada Perang Dunia II sat itu mempunyai pertalian pemerintahan dengan Denmark. Meskipun awalnya bersifat netral namun Denmark pada akhirnya diinvasi oleh Jerman. Nasib yang sama juga dialami oleh Islandia sendiri saat mereka diinvasi meskipun yang menginvasi adalah Inggris. Berbeda dengan Denmark yang jatuh dengan adanya perlawanan, Islandia jatuh tanpa perlawanan sama sekali saat Operation Fork yang terjadi pada tanggal 10 Mei 1940. Setelah berhasil menahan Konsul Jerman beserta elemen - elemen Jerman lainnya, Inggris membuat Islandia sebagai basis patroli melawan Jerman. Setelah menarik pasukan okupasinya, pasukan pendudukan di Islandia digantikan oleh Kanada hingga bulan Juli 1941 saat giliran pasukan Amerika turun tangan. Nah disinilah latar belakang dari digambarnya karikatur oleh Hofer.
Okupasi Islandia oleh Amerika sendiri terjadi sesaat sebulan setelah Amerika membekukan aset Jerman dan Italia di Amerika. Pembekuan ini sendiri diakibatkan ditorpedonya kapal Amerika Robin Moor oleh Jerman. Semenjak saat itu, kapal Amerika yang berpatroli di kawasan dekat Islandia tersebut dan melaporkan tiap posisi Jerman kepada Inggris. Selain itu pula, Amerika saat itu mengambil langkah keras dengan menutup konsulat Jerman serta Italia.
Dapat dibilang langkah Inggris untuk "mempersilahkan" Amerika yang "netral" untuk mengokupasi Islandia sangatlah cerdik. Karena saat itu Jerman belum menyatakan perang terhadap Amerika, alhasil tidak ada yang bisa dilakukan oleh Hitler disini selain kaget seperti yang digambar oleh Hofer.


Usia: 1941

Tidak ada komentar:

Posting Komentar