Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Rabu, 05 Juli 2017

Wij Strijden Met De Teekenstift - Sieg Heil! Ik Heb Den Beer Gevangen ...

Akhirnya, kita tiba di propaganda pertama sejak pecahnya Unternehmen Barbarossa. Selamat datang kembali di Wij Strijden Met de Teekenstfit, kali ini kita akan membahas pandangan Hofer terhadap invasi Jerman kepada Uni Soviet tersebut.
Saat gambar ini dimuat pada tanggal 5 Juli 1941, jalannya perang memang sangat tidak baik bagi Soviet. Sejak dimulainya invasi pada tanggal 22 Juni 1941, Uni Soviet kehilangan Lithuania. Menurut buku "The Third Reich Day by Day", nantinya hingga akhir bulan Juli 1941, kondisi Soviet diperparah dengan gerak maju pasukan Jerman ke Ukraina dan sampainya mereka di Sungai Dnieper. Selain itu pula Smolenks dan Latvia sudah diambil alih oleh pihak poros. Hanya dalam kurun waktu tersebut, pihak poros sudah menangkap 750.000 tentara Soviet.
Kondisi Soviet saat itu bisa dilihat dari dokumenter keluaran B.B.C. yaitu "War of the Century". Pesimisme, kondisi yang tepat untuk menggambarkan Soviet. Kementerian Angkatan Laut Amerika memprediksi Jerman hanya membutuhkan waktu 6 minggu hingga 2 bulan untuk mengalahkan Soviet. Selain itu pula, koresponden B.B.C. dilarang oleh Kementerian Perang Inggris untuk menayangkan berita yang memperlihatkan Soviet hanya bisa bertahan kurang dari 6 minggu. Ada kemungkinan hal yang terakhir ini mempunyai peran munculnya propaganda karya Hofer kali ini.
Kita dapat membayangkan saat Hofer mendengar kabar dari B.B.C. bahwa Soviet tetap bertahan dan tidak menyerah melawan serbuan Jerman, terbersit ide seekor beruang yang tidak mau melepaskan cengkeramannya terhadap pemburunya. Maka inilah yang digambar oleh Hofer, seorang tentara Jerman yang berhasil menangkap sang beruang Soviet namun hewan tersebut tetap melawan. Meskipun pada kenyataannya, sang beruang bisa dibilang terluka berat ...
Oh dan sebagai tambahan pula, sungguh unik Hofer menggambar topi pada beruang tersebut. Topi ini adalah Будёновка (budenovka). Uniknya adalah saat perang melawan Jerman dimulai, topi ini sudah mulai diganti dengan пилотка (pilotka) dan уша́нка (ushanka). Budenovka sendiri saat itu masih dipakai oleh beberapa anggota partisan.


Usia: 1941

Tidak ada komentar:

Posting Komentar