Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Senin, 16 Oktober 2017

Wij Strijden Met De Teekenstift - Via Roemenie Naar Engeland!

Stechschritt / Stechmarsch! Kembali lagi kepada Hofer yang menggambar goose step di wij strijden met de teekenstift!
Siapa lagi kalau bukan tentara Jerman yang menjadi target Hofer dalam goose step ini? Sempat saya singgung di (sini), Hofer menggambar serdadu heer wehrmacht dalam posisi parade. 

Bahkan pendahulu wehrmacht yaitu kaiserliche armee sudah memakai goose step

Di gambar terlihat seorang prajurit bergumam kepada rekannya, mengapa mereka berbaris ke lokasi yang berbeda. Pertanyaan dia dijawab dengan ironi bahwa tidak peduli tujuannya yang penting mereka tetap berbaris. Maksud dari gambar Hofer disini adalah kedisiplinan dan ketaatan tentara Jerman yang legendaris dan seakan mereka hanya bisa menurut saja kemana mereka diperintahkan pergi. 
Saat gambar Hofer ini dimuat, Hitler sudah mengalihkan perhatiannya dari Inggris kepada Rumania. Pada tanggal 8 Oktober, pasukan Jerman mulai memasuki Rumania untuk menahan pengaruh pasukan Soviet dan mendorong negara tersebut yang awalnya netral untuk bergabung dengan pihak as. 
Mungkin menurut Hofer, setelah Rumania "ditaklukan", Jerman bisa berpaling kembali ke Inggris untuk menyelesaikan urusannya. Namun kenyataannya, setelah dari Rumania, barisan ini menuju ke Yunani dan berikutnya ke Yugoslavia. Terakhir mereka ke Uni Soviet, tidak pernah ke Inggris .... kelak mereka tidak akan bisa berbaris lagi sejak masuk ke negara beruang merah tersebut ...


Usia: 1941

Tidak ada komentar:

Posting Komentar