Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Selasa, 13 Oktober 2015

Ship Week - Aemilia

Untuk seri kedua dalam Ship Week adalah Aemilia.
Kapal ini adalah kapal komando yang digunakan oleh Laksamana Tromp pada Pertempuran Duins (Downs). Mungkin dalam bayangan kita, tumben Tromp tidak memakai kapal Bredeorde yang biasanya dia pakai. Ini karena Aemilia sendiri adalah kapal lama milik Tromp. Dibangun pada tahun 1632 di Rotterdam, pengabdiannya berhenti pada tahun 1647 saat akhirnya dijual. Saat masih eksis, kapal ini dikenal sebagai kapal terbesar yang ada pada Angkatan Laut Belanda.
Sumber
Setelah melihat tahun eksistensi kapal ini, anda pasti masih bertanya-tanya, bukannya Tromp memakai Bredeorde sebagai kapal komandonya? Jawabannya untuk Pertempuran Duins yang diikuti oleh Aemilia ini, yang menjadi lawan adalah Angkatan Laut Spanyol dan pertempuran terjadi pada tahun 1639.
Sama seperti Bredeorde, kapal ini didesain oleh Jan Salomonszoon van den Tempel. Berdimensi panjang 40 meter, lebar 10 meter, dan tinggi kedalaman 4 meter. Selain itu pula, kapal ini dipersenjatai dengan 46 buah meriam. Uniknya kapal ini sempat rusak karena badai saat mengantar Ratu Henrietta Maria, istri Raja Inggris Charles I, dari Inggris ke Belanda pada tahun 1643.
Setelah melihat sejarah singkat kapal tersebut, mari kita lihat Aemilia karya J.W. Heyting.

Dan mari kita bandingkan Aemilia hasil pelukis lainnya:
Reinier Nooms
(1623/24 - 1664)
Sumber

Willem van den Velde
(1611 - 1693)
Sumber

Kita lihat seperti Bredeorde, dia menggambarkan Aemilia sedang berada dalam pertempuran. Jika kita lihat pada pojok kanan bawah, kita bisa melihat kapan dia membuat lukisan tersebut.

"'41 DEC", berarti dia membuatnya pada bulan Desember 1941. Bulan yang sama saat Pearl Harbour diserang. Aemilia berada di urutan nomor 578 pada seri nomor 13 untuk kartu pos de Muinck & Co Amsterdam.


Usia: 1941 - 1947

Tidak ada komentar:

Posting Komentar