Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Kamis, 15 Oktober 2015

Ship Week - Batavier

Untuk kapal kali ini, Batavier, bukanlah kapal perang, melainkan sebuah kapal kargo / penumpang. Namun clipper (kapal layar super cepat) dari besi ini mempunyai tempat yang penting dalam sejarah maritim Belanda. Dibuat pada tahun 1876 dengan berat 1616 ton oleh Leen Smit dari perusahaan L. Smit & Zoon di Kinderdijk Belanda. Perusahaan pembuat kapal ini dikenang sebagai perusahaan pertama yang membuat kapal besi di Belanda pada tahun 1847. Daerah Kinderdijk sendiri dikenal sebagai daerah milik keluarga Smit sejak lama dan sejarah maritim keluarga tersebut dimulai pada tahun 1662 dengan lahirnya Jan Jacques Smit. Dia membuat dermaga di Lammetjeswiel dan di Kinderdijk sendiri. Meskipun begitu, dermaga yang dia miliki hanya bisa membuat kapal ukuran kecil dan kapal tongkang.
Fop Smit
Sumber
Perusahaan keluarga Smit ini mengalami kejayaan pada abad ke-19 ditangan Fop Smit. Di galangan kapalnya, dia berhasil membuat beberapa rekor untuk kapal-kapal buatannya. Salah satunya membuat kapal uap pertama Belanda pada tahun 1823. Fop sendiri juga berhasil membuat kapal uap untuk perjalanan laut yaitu Batavier pada tahun 1830. Jangan samakan Batavier ini dengan Batavier buatan 1876 Selain itu pula, Fop juga membuat paddle steamship (kapal uap dayung) pertama Belanda yaitu Willem I. Jejak Fop dilanjutkan oleh para putranya setelah dia meninggal pada tahun 1866. Mereka adalah Jan dan Leendert Smit. Untuk perusahaan milik Fop, Leendert-lah yang mewarisinya dan perusahaan ini tetap eksis hingga sekarang dengan nama Smit Internationale N.V. Mungkin Leendert disini adalah Leen Smit sendiri. 
Untuk Batavier buatan 1876 sendiri, nasibnya berakhir dengan menyedihkan. Saat berangkat dari Jawa pada 5 Oktober 1895, Batavier menghilang saat melewati St. Helena pada tanggal 9 Desember ditahun yang sama. 

Batavier di kartu pos tahun 1989
Sumber

Lukisan Batavier dibuat pada tahun 1941 dan menempati nomor urut 587 seri ke-14 kartu pos de Muinck & Co. Amsterdam.


Usia: 1941 - 1947

Tidak ada komentar:

Posting Komentar