Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Kamis, 22 Oktober 2015

Ship Week - De Witte Oliphant

De Witte Oliphant atau Witte Olifant, adalah sebuah kapal ship of the line dengan klasifikasi tingkat ke-4 dan bersenjatakan 92 buah meriam. Selain itu pula kapal ini mempunyai banyak varian nama dari Witte Oliphant, Oliphant, de Oliphant, atau nama-nama Oliphant disebut dengan Olifant.
Johann de Witt
Sumber
Dibangun pada tahun 1666 dengan dimensi 48,41 x 12,17 x 4,53 m di Amsterdam oleh J. van Reene. De Witte Oliphant sendiri adalah hasil dari kebijakan Belanda untuk mengimbangi kualitas Angkatan Laut Belanda yang inferior dibandingkan Inggris. Saat itu pada November 1664, Raadpensionaris Johan de Witt yang juga bertugas dalam kebijakan luar negeri, mengeluarkan keputusan untuk membangun 24 Capitale Schepen van Oorlog (Kapal Perang Kapital) baru. Pada Maret 1665, keluar keputusan tambahan untuk membangun 24 buah kapal. Setelah 2 keputusan ini, muncul keputusan ketiga pada Juli 1666 untuk membangun 12 kapal, salah satu kapal yang dibuat disini adalah De Witte Oliphant. Setelah selesai diluncurkan, nantinya kapal ini dikomandoi oleh Vice-Admiraal Isaac Sweers pada tanggal 6 Juni 1667, saat itu kapal masih bersenjatakan 80 buah meriam. Beberapa hari kemudian, Sweers yang saat itu dibawah komando skuadron Admiraal Willem Joseph Baron van Ghent, ikut serta dalam serangan ke Medway. Pada tahun 1672, De Witte Oliphant yang sekarang bersenjatakan 82 buah meriam ikut serta dalam Pertempuran Solebay. 3 hari kemudian, Sweers dan kapalnya bertarung di Schoonveld dan De Witte Oliphant mengalami kerusakan.
Isaac Sweers
Sumber
Setelah diperbaiki, sekali lagi De Witte Oliphant bertarung pada tanggal 21 Agustus di Kijkduin atau Texel namun malangnya Sweers gugur disana uniknya kartu pos salah memberi tanggal pertempuran. Gugurnya Sweers digambarkan dengan sangat ngeri dimana kejadian itu sangatlah wajar pada masanya. Saat pertempuran, Sweers terkena peluru meriam seberat 24 pon pada bagian abdomen yang mengakibatkan dia kehilangan kedua kakinya. Selain itu pula, hantaman tersebut mengakibatkan tubuh Sweers terpisah menjadi dua dan sebagian wajah Sweers juga hilang. Namun pengorbanan Sweers tidak sia-sia untuk pertempuran terakhirnya, dimana misi pasukan lawan berhasil digagalkan. Selain Medway, semua pertempuran yang diikuti duet De Witte Oliphant - Sweers ini adalah melawan koalisi Inggris - Prancis. Setelah gugurnya Sweers, nama De Witte Oliphant mulai surut dan tidak terdengar lagi. Satu-satunya informasi yang diketahui adalah pada tahun 1686, kapal dirongsok.
Luka yang disebabkan oleh peluru meriam sangatlah buruk bagi tubuh manusia. Kasus Sweers seperti yang sudah dijabarkan di atas memang sering terjadi. Contoh kecil yang terjadi pada Perang Napoleon, banyak korban luka meriam harus diamputasi karena bagian tubuhnya sudah tidak bisa diselamatkan karena efek peluru meriam. Luka yang diakibatkan peluru meriam ada 3. 
Yang pertama adalah luka dari tembakan langsung. Beberapa korban tewas dari luka semacam ini adalah Marsekal Prancis Jean Baptiste Bessieres dan Jenderal Inggris John Moore.
Yang kedua adalah luka dari pantulan bola meriam. Meskipun kurang sedahsyat tembakan langsung, namun pantulan terkadang tidak bisa diprediksi dimana bola meriam akan mendarat. Atau minimal pecahan bola meriam saat terpantul akan melayang kemana. Korban terkenal yang tewas dari luka kedua ini adalah Marsekal Prancis Jean Lannes dan Jenderal Rusia Pangeran Pyotr Bagration.
Yang terakhir adalah luka dari bola meriam yang menggelinding. Terkadang bola meriam saat mendarat di tanah, bisa menggelinding hingga berhenti. Namun terkadang terdapat prajurit yang menganggap remeh bola meriam yang melamban. Alhasil dia kehilangan kakinya saat akan menghentikan bola meriam tersebut dengan kakinya. 

Lukisan De Witte Oliphant di Trompenburgh
Willem van de Velde
(1611 - 1693)
 Sumber
Sumber
Abraham Storck
(1644 - 1708)
De Witte Oliphant berada di paling kiri
Sumber

Lukisan dibuat pada bulan Januari 1942 dan menempati nomor urut 581 pada kartu pos de Muinck & Co. Amsterdam seri ke-13.


Usia: 1942 - 1947

Tidak ada komentar:

Posting Komentar