Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Selasa, 20 Oktober 2015

Ship Week - Lichtstraal

Setelah rehat dengan foto-foto KNIL, kita kembali ke Ship Week. Kali ini dengan clipper (kapal layar super cepat) Lichtstraal.
Kapal dengan dimensi 61,98 m x 12 m x 7,98 m dan berbobot 1500 ton yang dibuat 1863 ini dipandang sebagai clipper paling sempurna yang pernah dibuat di Belanda. Ini dibuktikan dengan beberapa perjalanan cepat antara Belanda ke Hindia Belanda. Selain itu pula, kapal ini sangat populer di kalangan penumpang karena bagusnya layanan kapal kepada penumpangnya.
Lichtstraal seperti Liberaal dibangun oleh Jan Smit di galangan Slikkerveer. Bobot 1500 ton dipandang sebagai salah satu kapal terbesar yang pernah dibuat pada saat itu. Untuk kapal buatan Jan Smit sendiri, Lichtstraal berada di urutan ketiga setelah Voorlichter dan Liberaal dalam ukuran kapal.
Mirip dengan Kosmopoliet III, Lichtstraal sempat dipakai untuk kepentingan militer. Bedanya Lichtstraal dipakai untuk mengantar pasukan tambahan untuk KNIL dari Belanda ke Hindia Belanda. Tugas ini diketahui dilakukan antara tahun 1866 - 1869 sebanyak 4 kali.
Suasana kapal penuh dengan prajurit
ke Hindia Belanda pada tahun 1896.
Sumber

  • Tahun 1866, 4 perwira dan 125 orang prajurit. 84 hari lama perjalanan.
  • Tahun 1867, 3 perwira dan 125 orang prajurit, 89 hari lama perjalanan.
  • Tahun 1868, 3 perwira dan 150 orang prajurit, 90 hari lama perjalanan.
  • Tahun 1869, 3 perwira dan 125 orang prajurit, 82 hari lama perjalanan. Satu orang prajurit meninggal di kapal.

Sumber
Pasukan-pasukan yang dikirim adalah pasukan yang direkrut di Koloniale Werfdepot di Harderwijk. Tempat yang eksis dari tahun 1814 hingga 1909 dikenang mempunyai reputasi yang buruk, bahkan terdapat julukan Het Riool van Europa atau "Selokan Eropa".
Sumber
Werfdepot sendiri adalah unit Angkatan Darat Belanda yang merekrut, melatih dan mempersiapkan orang-orang Belanda yang direkrut di Belanda untuk dikirim ke Hindia Belanda. Sebelum 1830, unit ini dibawah kendali Ministerie van Oorlog (Kementerian Perang). Pasca tahun tersebut, berpindah tangan ke Ministerie van Colonien (Kementerian Koloni). Rekrutan sendiri dilatih selama 6 minggu sebelum dikirim ke Hindia, sebanyak 150.000 tentara dikirim dari Belanda ke Hindia Belanda. Julukan Het Riool van Europa disini muncul karena banyak orang tidak jujur yang mendaftarkan diri dan akhirnya lari bersama uang pesangon yang mereka dapatkan setelah mendaftar. Tidak sedikit yang menggunakan uang yang mereka terima untuk berkunjung ke bar dan pelacuran di Harderwijk yang ironisnya para penduduknya penganut Kristen Protestan yang taat. Selain itu pula, nama yang buruk ini muncul dari paksaan militer kepada para rekrutan. Ironisnya kepada para sukarelawan yang dipaksa untuk mendaftar diri. Rekrutan yang diambil juga salah satunya adalah para desertir dari tentara negara lain. Namun tidak semua rekrutan dari Harderwijk buruk, beberapa diantaranya bahkan mendapatkan penghargaan militer tertinggi Belanda yaitu Militaire Willems Orde. Koloniale Werfdepot sendiri ditutup pada tahun 1909. Sebenarnya terdapat sebuah tempat rekrutan selain di Hardewijk, tempat ini adalah di Nijmegen. Tepatnya tempat pasukan Korps Koloniale Reserve yang dibentuk pada tahun 1890. Berbeda dengan Hardewijk yang terlebih dahulu tutup, Nijmegen dan Korps Koloniale Reserve tetap bertahan hingga Perang Dunia II. Bahkan pada tahun 1914, Nijmegen sempat mengirim beberapa sukarelawan ke Hindia Belanda.
Kembali ke Lichtstraal, pada tahun 1874, kapal ini dibeli oleh perusahaan perkapalan van Zeylen & Decker dari Rotterdam Belanda, Lichtstraal berganti nama menjadi Susanna Johanna. Malangnya van Zeylen & Decker mengalami kebangkrutan dan kapal berganti kepemilikan ketangan Pieter van der Hoog pada tahun 1879. Pieter sendiri mengembalikan nama Lichtstraal. Namun Lichtstraal tidak bisa bertahan lama dari kemajuan jaman. Pada tahun 1884 - 1885, Pieter membangun tiga kapal baru dan memutuskan menjual kapal-kapal kayunya. Salah satunya Lichtstraal yang dijual ke Reder August Kopcke dengan harga murah pada 1885. Lichtstraal berganti nama menjadi Jacoba, dan sayangnya dengan nama barunya kapal ini tidak bertahan lama. Pada 10 Oktober 1886, Jacoba alias Lichtstraal patah menjadi dua dan tenggelam di lepas pantai Cirebon Jawa Barat saat membawa garam.
Lukisan dibuat pada tahun 1942 dan menempati nomor urut 584 seri ke-14 kartu pos de Muinck & Co. Amsterdam.


Usia: 1942 - 1947

Tidak ada komentar:

Posting Komentar