Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indië hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Minggu, 18 Oktober 2015

Ship Week - Europa

Europa adalah kapal baja dengan layar yang dibuat oleh Huygens & van Gelder pada tahun 1897 dan akhirnya diluncurkan setahun kemudian dengan kru 25 awak kapal. Kapal ini berdimensi 84 x 13,75 x 7,75 m dan berbobot 1910 ton. Pelayaran perdananya dilakukan dari Amsterdam ke Batavia (Jakarta) dengan waktu 99 hari, perjalanan yang lamban pada saat itu. Setahun berikutnya yaitu tanggal 9 Maret 1899, Europa akan dikenal diseluruh dunia. Berangkat dari New York dengan kargo penuh, Europa menuju Port Adelaide dan sampai dalam waktu 71 hari. Memecahkan rekor saat itu, alhasil Europa diberi julukan The Flying Dutchman oleh kalangan perkapalan internasional.     

Muawahahaha better become a DHL in the sea rather than meeting that accursed sponge!!!

U-58
Sumber
Semasa eksistensinya, Europa hanya berkonsentrasi pada pengiriman barang yang memang ini adalah alasan pembuatannya. Pada akhirnya pada tahun 1909, Europa dan juga saat itu kapal layar terakhir Belanda dijual ke perusahaan Norwegia karena masalah finansial dan Europa berubah nama menjadi Lotos. Setelah berpindah kepemilikan lagi dan ke sesama perusahaan Norwegia, sekali lagi nama kapal diubah menjadi Asra pada Januari 1917. Malangnya pada Mei ditahun yang sama, Asra ditorpedo oleh U-boot atau kapal selam Jerman U-58 260 km barat barat laut Pulau Tory di Inggris. 

Heyting tidak meninggalkan jejak kapan lukisan Europa dibuat. Europa berada pada nomor urut 582 pada seri ke-14 kartu pos de Muinck & Co. Amsterdam.


Usia: <1947

Tidak ada komentar:

Posting Komentar