Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Rabu, 05 April 2017

Wij Strijden Met De Teekenstift - Mare Nostrum

Ciao, benvenuto al "Wij Strijden met de teekenstift" di "Kick" Hofer. Pertama kalinya saya menggunakan bahasa Italia disini hehehe, ini juga dikarenakan topik karikatur Hofer yang akan kita lihat kali ini.
Pertempuran Tanjung Matapan (Battle of Cape Matapan / Battaglio di Capo Matapan) adalah pertempuran laut yang melibatkan Inggris dengan Italia dan inilah yang diangkat oleh Hofer. Petempuran itu sendiri dimenangkan secara telak oleh Inggris karena mereka berhasil membongkar sandi rahasia Italia. Akibat dari pertempuran ini berdampak signifikan terhadap kontrol laut Mediterania dimana Italia tidak pernah bisa lagi menandingi Inggris. Namun dilain pihak gagalnya Inggris menenggelamkan kapal tempur Vittorio Veneto, mengakibatkan kontrol laut tidak dipegang total oleh Inggris.
Melihat dari jumlah korban yang besar di pihak Italia, Hofer melambangkannya dengan beberapa kapal perang Italia yang tenggelam pada pertempuran tersebut. Seperti:
Kapal penjelajah Zara
Sumber

Kapal penjelajah Pola
Sumber

Kapal perusak Vittorio Alfieri
Sumber

Kapal penjelajah Fiume
Sumber

Kapal perusak Vincenzo Gioberti
Sumber

Kesemua kapal tersebut sekarang digambar bersama Dewa Poseidon atau Neptunus yang terkenal dengan trisulanya. Ironisnya Neptunus adalah salah satu dewa yang disembah oleh orang Romawi yang notabene pendahulu orang Italia. Mungkin akan lebih tepat jika Hofer menggambar Neptunus dengan raut muka kesedihan. Apalagi judul karya dia disini adalah Mare Nostrum yang juga dipakai sebagai bahan propaganda Italia pada masa itu. Anehnya pula, Hofer memasukkan kapal perusak Maestrale di gambarnya. Padahal kapal tersebut tidak ikut serta dalam pertempuran. Beruntung bagi Hofer dia tidak hidup pada masa sekarang. Akan banyak bom kritikan yang muncul saat dia menerbitkan karyanya sekarang ...



Usia: 1941

Tidak ada komentar:

Posting Komentar